Mother&Baby Indonesia
Kembali Kencang dan Prima Dengan Kegel

Kembali Kencang dan Prima Dengan Kegel

Setelah melahirkan, tubuh Anda akan mengalami perubahan dan masalah, seperti varises, kelebihan berat badan, dan pigmentasi kulit. Salah satu organ tubuh yang paling berpengaruh setelah persalinan adalah panggul. Seringkali akibat kelelahan menopang beban berlebih selama hamil, Anda mengalami inkontinensia, yaitu keluarnya urine atau kotoran tanpa disengaja atau sulit ditahan. Saat itulah, seorang wanita membutuhkan latihan kegel seperti yang dikatakan Dr. Arnold Kegel, pencetus latihan ini.

 

Latihan kegel membantu memulihkan dan memperkuat otot -otot yang mengelilingi dan mendukung kandung kemih, rahim, rektum, serta uretra. Otot-otot ini dikenal juga sebagai pubococcygeal (PC) atau otot dasar panggul. Anda bisa melakukan latihan ini kapan saja dan di mana saja, tak hanya pasca persalinan. Mengapa penting? Ada banyak hal yang bisa melemahkan otot dasar panggul Anda, di antaranya kehamilan, persalinan, operasi, proses penuaan, dan berat badan berlebih. Beberapa gejala yang menandakan Anda membutuhkan latihan kegel untuk memperkuat otot panggul adalah mengeluarkan sedikit urine ketika tertawa, batuk, atau bersin, dan tak bisa menahan rasa ingin berkemih. Latihan kegel bisa dilakukan selama kehamilan atau setelah persalinan untuk mencegah inkontinensia urine.



 

Ada banyak manfaat kegel untuk Anda, di antaranya:

Bagi ibu hamil dan pasca melahirkan:

- Memudahkan persalinan tanpa banyak merobek jalan lahir (tanpa atau sedikit jahitan/episiotomi).

- Menguatkan otot-otot dasar panggul sehingga sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan dubur lebih lancar. Dengan otot panggul yang kuat, waktu mengejan yang dibutuhkan oleh ibu hamil ketika melahirkan jadi lebih singkat. Otot tulang panggul yang kuat juga akan membuat tubuh lebih sehat dan melindungi dari penyakit yang kerap menyerang saat fisik menua.

- Membantu mencegah wasir.



- Mempercepat penyembuhan episiotomi pasca persalinan.

Bagi wanita umumnya:

- Meningkatkan kepuasan bercinta. Kegel telah terbukti sebagai terapi yang efektif untuk wanita dengan tingkat libido rendah. Senam kegel melatih otot-otot di sekitar panggul yang berkontraksi saat orgasme, salah satunya otot PC. Otot PC memegang peranan penting saat bercinta, baik pada wanita maupun pria. Reaksi seperti guncangan dan 'kejang' saat orgasme distimulasi oleh kontraksi spontan dan cepat otot ini. Gerakan mengencangkan dan mengendurkan otot PC berkali-kali (kira-kira 25 kali) saat penetrasi seks bisa membantu Anda dan pasangan mencapai klimaks.

- Latihan kegel membantu Anda memperlambat atau menghentikan aliran air seni, serta otot -otot yang mencegah keluarnya gas.

- Meningkatkan elastisitas atau merapatkan vagina dan menguatkan denyutnya.

- Mengatasi kesulitan orgasme jika diikuti dengan terapi seks yang tepat. (M&B/SW/Image: americanpregnancy.org)



Tags: senam kegel