Home - Kesehatan - Kesehatan / 16 Mei 2018 / Redaksi

Sembuhkan Sakit Anak Dengan Obat Dari Dapur

Jika Anda termasuk ibu yang rajin mengisi lemari obat, sekarang saatnya Anda melirik isi dapur. Beberapa ibu sudah membuktikan bahwa bahan alami dari dapur dapat menyembuhkan penyakit anak.

 

Hal ini diyakinkan oleh Profesor Edzard Ernst, ahli pengobatan alternatif dari Peninsula Medical School, Inggris. Menurutnya, bahan-bahan alami itu relatif aman jika digunakan sewajarnya. “Sebagian bahan alami itu tidak memiliki bukti ilmiah dapat menyembuhkan. Tetapi tidak salah mencobanya karena bahan alami nyaris tidak memiliki efek samping,” jelas Ernst.

 

Lalu, apa saja obat alternatif yang bisa Moms gunakan untuk mengobati Si Kecil? Berikut resepnya:

 

Beras

Nasi putih adalah obat tradisional untuk diare. Untuk membuat obatnya, masak beras hingga menjadi lebih lembek. Lalu, lalu suapi Si Kecil yang sedang sakit. Nasi dapat memberi energi dan menggantikan gizi yang terbuang karena diare. Namun, perlu diingat bahwa memanaskan nasi yang telah matang dapat menyebabkan keracunan makanan. Selain itu, segeralah konsultasikan ke dokter jika diare Si Kecil tidak kunjung membaik.

 

Oatmeal

Gatal karena cacar air, alergi, eksim, atau kulot yang kering karena terbakar matahari dapat diredakan dengan oatmeal. Cara menggunakannya:

- Ambil segenggam oatmeal dan bungkus dengan kain kasa bersih, ikat dengan kuat.

- Lalu celupkan bungkusan itu ke dalam air hangat untuk mandi Si Kecil.

 

Telur

Telur ternyata dapat menyembuhkan memar, bengkak, dan ruam popok. Profesor Edzard Ernst mengatakan, putih telur akan mengering dan melapisi kulit yang sakit. Dan hal itu akan membantu menyembuhkan ruam popok. “Tetapi ingat, jangan membiarkan putih telur itu lebih dari satu hari tanpa dibersihkan. Sebab, lapisan telur itu akan menjadi tempat bakteri tumbuh subur,” jelas Ernst.

 

Madu

Kombinasi satu sendok teh madu dengan air jeruk lemon dan sedikit air hangat ampuh menyembuhkan radang tenggorokan dan flu. Madu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka goresan. Cara pakainya, tuang sedikit madu ke kain kasa bersih. Lalu, tempelkan ke bagian yang luka. “Madu memiliki zat anti radang dan khasiat antiseptik,” jelas Trudy Norris, pendiri The National Institute of Medical Herbalist. Penting untuk diingat: madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah satu tahun.

 

Daging ayam

Banyak orang memercayai sup ayam sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan anak sakit. “Sup ayam terbukti dapat mengencerkan dahak, melancarkan pernapasan, dan melegakan tenggorokan,” jelas Trudy Norris.

Berikut resep membuat sup supermanjur:

Potong-potong daging ayam dalam bentuk dadu dan tambahkan potongan bawang bombai, wortel, kentang, dan air. Rebus semua bahan selama 15 menit kemudian haluskan dengan blender atau lumat dengan sendok. Sajikan hangat-hangat. Sup lembut ini dapat diberikan saat Si Kecil sudah makan makanan padat.

 

Bawang bombai

Moms bisa mencoba untuk membuat sirup bawang bombai untuk menyembuhkan batuk dan pilek Si Kecil. Cara membuatnya, potong tipis bawang bombai, lalu taruh di mangkuk bersih. Tuangkan madu ke atasnya, kemudian tutup mangkuk. Biarkan dalam suhu ruangan selama 12 jam. Saring sari madu dan bawang, lalu berikan satu sendok teh kepada Si Kecil, sebanyak tiga kali sehari. Menurut praktisi naturopati, Deborah McManners, bawang bombai, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan kucai mengandung minyak alium yang bersifat antiseptik dan antibiotik. Zat alium juga berfungsi sebagai decongestan atau pengencer dahak. (SR/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)








OTHER ARTICLES

5 Alasan Peran Ayah Dibutuhkan Anak-Anak

Resep Mudah Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Menjadi Orangtua Baik Untuk Balita Anda

Bayi Ini Punya Rambut ‘Jabrik’ Langka

Saat Bayi Menggigit