Mother&Baby Indonesia
Kenali Intertrigo, Peradangan Kulit Pada Bayi

Kenali Intertrigo, Peradangan Kulit Pada Bayi

Moms, kulit Si Kecil memang cukup sensitif, sehingga mudah terkena penyakit kulit. Salah satunya intertrigo, yaitu peradangan pada kulit di bagian lipatan tubuh. Area yang terkena ada di sekitar lipatan leher, ketiak, paha, selangkangan, sela-sela jari, sela-sela bokong, dan bawah payudara.

 

Penyebabnya bisa disebabkan oleh ragi, jamur, dan bakteri, serta alergi dan iritasi yang disebabkan oleh berbagai obat dan bahan kimia. Selain itu, sebab utamanya karena terjadi gesekan di area kulit yang saling bersentuhan atau juga disebut lipatan tubuh. Peradangan ini dipicu dan diperparah oleh kondisi area yang panas, lembap, kurang sirkulasi udara, serta kebersihannya yan tidak terjaga.



 

Gejala

Bayi yang cenderung gemuk, memiliki leher pendek, dan memiliki banyak lipatan pada tubuhnya berisiko lebih besar terkena kondisi ini. Yang terjadi pada kulit bayi adalah adanya rasa gatal, nyeri dan rasa terbakar di area yang terkena intertrigo.

 

Jika kulit Si Kecil terlihat meradang, tampak merah, dan kadang bersisik, kemungkinan ia terkena gangguan kulit ini. Dan jika tidak segera di atasi, maka dapat juga menimbulkan bau tidak sedap.



 

Pencegahan dan Pengobatan

Kondisi intertrigo bisa dicegah dengan cara menjaga area lipatan tubuh Si Kecil yang terkena agar tetap kering dan kena udara. Kenakan pakaian yang longgar untuk Si Kecil agar kulitnya tidak lembap. Untuk pertolongan pertama, Moms bisa memberikan krim yang mengandung hidrokortison sebanyak 1 persen yang bisa didapat tanpa resep dokter.

 

Namun, ketika terjadi infeksi pada area yang terkena intertrigo, segera periksakan ke dokter. Anda akan diberikan resep berupa krim anti jamur dan bakteri, serta salep. Bedak anti jamur juga bisa menjadi alternatif pilihan dokter untuk menjaga kulit tetap kering. Adapun untuk pengobatan jangka pendek, biasanya dokter akan memberikan krim steroid topikal, untuk mengurangi peradangan pada area lipatan yang terkena intertrigo. (Vonda Nabila/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   intertrigo,   kulit,   bayi








Cover Januari - Februari 2020