Mother&Baby Indonesia
Trik Berpuasa Penderita Maag

Trik Berpuasa Penderita Maag

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan memang menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Tapi bagaimana kalau Anda punya masalah kesehatan, sakit maag, misalnya? Perut sering terasa nyeri jika terlambat makan. Tidak usah khawatir, karena maag bukan halangan untuk berpuasa. Asal tahu kiatnya, Anda yang menderita sakit maag tetap bisa berpuasa sampai tuntas. Yang penting, Anda sudah melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelumnya.

 

Untuk Anda yang menderita maag dan berniat menjalani ibadah puasa bulan Ramadan, pola makan Anda tidak jauh berbeda dengan mereka yang sehat. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini dia:



 

- Hindari mengonsumsi makanan yang bersifat merangsang atau memicu pengeluaran asam lambung, seperti makanan yang asam dan pedas.



- Hindari makanan yang menimbulkan gas dalam lambung, misalnya kol dan sawi.

- Kurangi atau bahkan hindari penggunaan bahan tambahan atau bumbu-bumbu yang merangsang, seperti lada, cabai, cuka, dan asam.

- Jika diperlukan, hubungi dokter agar Anda diberi obat yang dapat mengendalikan pengeluaran asam lambung berlebihan. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: puasa,   sakit maag,   tips puasa untuk penderita maag








Cover Januari - Februari 2020