Home - Keluarga - Informasi Untuk Ayah / 16 Mei 2018 / Redaksi

Yuk, Kenalkan Si Kecil pada Bulan Spesial!

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1439 H jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Mulai besok, umat muslim di Indonesia akan menjalani ibadah puasa Ramadan. Nah, Dads, bulan spesial ini bisa jadi sarana bagi Anda untuk mengenalkan ritual ibadah pada Si Kecil. Apa saja aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak? Ini dia di antaranya, Dads.

 

Sahur

Saat Anda dan pasangan sedang menyantap hidangan sahur, si kecil terbangun dan keluar dari kamarnya. Ia mungkin heran. Alih-alih mengajaknya tidur kembali, kenapa tidak ajak ia ikut sahur bersama? Jelaskan padanya bahwa kita akan berpuasa. Selama puasa, kita harus menahan diri untuk tidak makan dari pagi hingga waktu Magrib tiba. Tapi sebagai gantinya kita makan sebelum waktu Subuh yang diistilahkan dengan sahur dan saat azan Magrib yang dikenal dengan berbuka puasa. Jika Si Kecil tertarik ikut sahur, tawarkan padanya untuk makan bersama. Usai sahur, Anda bisa mengajaknya ikut Anda salat Subuh di Masjid dekat rumah.

 

Membaca Alquran

Salah satu ibadah utama bulan Ramadan adalah membaca kita suci Alquran. Saat Anda mengaji, ikutsertakan Si Kecil juga, Dads. Dudukkan ia di pangkuan Anda sambil ia mendengarkan Anda membaca Alquran. Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan huruf hijaiyah pada anak saat di rumah sambil menunggu waktu berbuka maupun setelah selesai salat. Ajarkan ia cara mengucapkan huruf-huruf hijaiyah tersebut dan minta ia mengulanginya.

 

Berbuka

Selama bulan puasa, Anda mungkin dapat mengusahakan untuk pulang kerja lebih awal, sehingga bisa tiba di rumah sebelum waktunya berbuka. Nah, sambil menunggu azan Magrib, ajak anak menyiapkan hidangan berbuka puasa. Atau Dads juga bisa minta ia menemani membeli takjil. Ini bisa jadi keseruan tersendiri bagi anak, melihat dan memilih aneka makanan yang dijajakan para pedagang yang hanya bisa kita temui saat bulan puasa.

 

Salat Berjemaah

Ajak si kecil salat berjemaah, baik di masjid ataupun di rumah. Ajarkan ia berwudu dengan cara mengikuti Anda berwudu dan melihat bagian tubuh mana saja yang mesti dibasuh. Lalu ajarkan ia menata sajadah dan meletakkannya ke arah yang benar. Sebelum salat, katakan pada anak agar ia mengikuti gerakan salat yang Anda lakukan. Jika ia bosan dan melakukan gerakan aneh di tengah salat, itu hal yang wajar, tak perlu langsung memarahinya.

 

Tarawih

Saat bulan Ramadan, kemeriahan musala atau masjid sangat terasa. Ajak anak pergi ke sana untuk salat berjemaah maupun tarawih bersama. Di tempat itu, Si Kecil bisa belajar banyak hal. Ia juga pasti akan senang sekali bertemu dengan teman-teman seusianya melakukan hal yang sama. Saat di tengah salat, bisa jadi Si Kecil akan merasa bosan. Katakan padanya untuk bersabar menunggu hingga salat selesai, tapi tidak boleh bercanda dan membuat keributan di dalam tempat ibadah.

 

Dads, agar balita tertarik mengenal ibadah, salah satu triknya adalah dengan memberinya perlengkapan yang sama dengan orangtuanya. Anda bisa membelikan Si Kecil baju koko, sarung, peci, mukena, dan sajadah yang warna atau motifnya sama dengan milik Anda atau milik pasangan Anda. Si kecil pasti akan antusias pergi ke masjid dengan Anda jika ia bisa tampil kompak dengan orangtuanya. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

share to BBM







OTHER ARTICLES

Ajarkan Sportivitas pada Anak Lewat Asian Games

4 Cara Seru Rayakan Hari Kemerdekaan RI

Suami Jadi Ayah Rumah Tangga, Setuju atau Tidak?

Tips Jalin Hubungan Baik dengan Dokter Kandungan

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita