Mother&Baby Indonesia
Kegiatan Seru Bersama Anak di Rumah

Kegiatan Seru Bersama Anak di Rumah

Hari libur ini tidak ada rencana untuk pergi keluar bersama keluarga, Dads? Tidak usah khawatir, tetap di rumah bersama istri dan anak juga bisa tetap mengasyikkan, kok. Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil di rumah. Selain mengisi waktu dengan kegiatan yang menarik, bermain bersama anak juga akan bisa menambah bonding Anda dengan Si Kecil. Apa saja permainan yang bisa Anda lakukan dengan anak? Ini dia Dads.

 

1. Mencari harta karun. Lakukan permainan ini bersama anak. Caranya, sembunyikan barang di tempat yang bisa dijangkau anak. Untuk membantu Si Kecil agar tidak kesulitan dalam mencarinya, beri ia petunjuk, contohnya, barang tersebut berbentuk bulat, empuk, dan ada di ruangan tempat ayah tidur. Dengan cara ini, Anda bisa sekaligus mengasah logika anak.



 

2. Main tebak-tebakan. Anda berdiri di depan anak, lalu peragakan suatu gerakan, misalnya gerakan hewan tertentu. Anda boleh juga melakukannya sambil mengeluarkan suara. Minta Si Kecil untuk menebaknya. Setelah selesai menebak, minta anak untuk gantian melakukannya dan giliran Anda yang menebak.

 

3. Memasak bersama. Kenapa tidak? Anda tidak perlu menjadi koki andal untuk bisa memasak buat keluarga Anda. Di hari libur ini, istri Anda bisa beristirahat, dan Anda serta Si Kecil yang bertugas untuk memasak makan siang. Tidak perlu masakan yang susah dan kompleks. Cukup buat makanan yang sederhana, seperti pizza atau sandwich. Saat menghiasnya dengan topping atau mengisinya dengan sayuran, minta anak melakukannya. Biarkan ia berkreasi sendiri saat membuatnya.

 



4. Memperbaiki mainan. Mungkin ada beberapa mainan Si Kecil yang sudah rusak sehingga ia tidak bisa memainkannya lagi. Nah, ini waktu yang tepat untuk memperbaikinya. Selain menghemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli mainan baru, aktivtas ini juga bisa mengajarkan anak untuk belajar bertanggung jawab terhadap barang-barang miliknya.

 

5. Memperbaiki mobil. Anda hobi utak-atik mobil dan kerap menghabiskan waktu seharian melakukan hal ini? Daripada Anda mengerjakannya sendirian, ajak juga Si Kecil untuk membantu Anda, misalnya mengambilkan peralatan atau perkakas yang kecil dan tidak berat. Selain bermanfaat untuk melatih motorik anak, ini juga bisa mengenalkannya pada alat-alat yang ada dan mempelajari apa kegunaannya. Siapa tahu, saat besar nanti, Si Kecil akan jadi ahli mesin yang hebat. Dan semua berawal dari garasi Anda.

 

Yuk, Dads, ajak Si Kecil beraktivitas seru dan mengasyikkan di rumah! (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: ayah,   ayah dan anak,   kegiatan ayah anak,   kegiatan seru di rumah








Cover Januari - Februari 2020