Mother&Baby Indonesia
Yuk, Gali Potensi Si Kecil!

Yuk, Gali Potensi Si Kecil!

Menurut Jennifer Fox, penulis buku Your Child's Strengths: Discover Them, Develop Them, Use Them, ada 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menggali potensi Si Kecil, yakni:

 

1. Perhatikan cara bermain



Jika memiliki beberapa pilihan permainan, apakah Si Kecil langsung memilih untuk menggambar, bermain iPad, atau naik skuter? Dengan memerhatikan cara bermain Si Kecil, perlahan Anda akan menemukan potensi yang ada dalam dirinya.

 

2. Kebebasan memilih

Kebanyakan orangtua, jika ingin anaknya pintar bermain musik, akan mendaftarkannya ke kursus piano. Tapi, apakah itu sesuai dengan minat Si Kecil? Atau ia akan lebih bahagia jika bisa belajar drum? Berikanlah Si Kecil kebebasan untuk memilih apa yang disukainya, agar potensinya tergali dengan baik.

 

3. Dukung ketertarikan



Anda mungkin berpikir bermain video games hanya buang-buang waktu. Namun jika Si Kecil memiliki potensi di bidang grafis, animasi, atau menjadi problem solver, permainan itu bisa meningkatkan kemampuannya. Karenanya, dukunglah ketertarikan Si Kecil dalam bidang apa pun dan beri arahan agar hasilnya selalu positif.

 

4. Apresiasi positif

Jika pulang sekolah, Si Kecil langsung membuka buku dan menggambar sesuatu, Anda mungkin akan melarangnya. Padahal saat itu bisa saja ia sedang menggali potensinya. Karenanya, berikanlah apresiasi positif saat Si Kecil sedang melakukan sesuatu yang disukainya. Ingat! satu larangan yang Anda sampaikan, sangat bisa menghentikan semangat Si Kecil untuk berkreasi.

 

5. Lupakan diri sendiri

Berhentikanlah menjadikan Si Kecil seperti apa yang Anda inginkan. Hargai keberadaannya sebagai pribadi yang bebas untuk mewujudkan keinginannya sendiri. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: potensi anak,   gali potensi anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020