Mother&Baby Indonesia
5 Alasan Peran Ayah Dibutuhkan Anak-Anak

5 Alasan Peran Ayah Dibutuhkan Anak-Anak

Agar anak bisa tumbuh dengan optimal, ia membutuhkan dukungan dari kedua orangtuanya, Moms dan Dads. Maka, jelas bahwa peran seorang ayah sangat penting dalam mengasuh juga mendidik Si Kecil. Mengapa demikian? Berikut ini 5 alasan bahwa anak-anak akan selalu membutuhkan ayahnya dalam hidup mereka.

 

1. Kegagalan yang aman



Rasa takut akan kegagalan membuat seseorang enggan mengambil risiko. Peran ayah pun dibutuhkan untuk meyakinkan dan menjaga Si Kecil tetap aman apa pun risiko yang akan dihadapi. Berhasil atau gagal menjadi urusan belakangan, yang terpenting Si Kecil berani mencoba.

 

2. Sosok yang tegas

Bagi anak-anak, ibu mereka lebih mudah dimanipulasi secara emosional sehingga apa yang mereka inginkan bisa tercapai. Karenanya, sosok ayah yang tegas bisa membuat Si Kecil lebih disiplin dan menurut dengan aturan keluarga. Anak tidak akan bertindak semaunya ketika sang ayah berani menegur dengan lembut namun lugas secara bersamaan.

 

3. Opini kedua

Untuk memutuskan suatu hal, Si Kecil akan membutuhkan pendapat orang lain, tidak hanya dari sang ibu tetapi juga ayahnya. Karena kedua orangtua memiliki perspektif masing-masing yang bisa membuat anak mampu memilih sesuatu dari pendapat yang berbeda tersebut.



 

4. Seorang pelindung

Sosok ayah bisa dikategorikan sebagai sosok yang melindungi keluarganya. Hal ini akan muncul secara otomatis setelah memiliki anak. Dads akan memiliki mental yang kuat dan secara naluriah akan menjadi ‘pahlawan’ demi keamanan keluarganya.

 

5. Dua sisi berbeda

Tidak selamanya seorang ayah harus keras dan ibu mesti lembut. Ada saatnya Dads bersikap lebih ‘lunak’ saat Moms terlalu emosi menghadapi Si Kecil. Yang terpenting, sang ayah harus menyesuaikan dengan situasi yang terjadi. Tidak mungkin kan bersikap tegas pada anak saat sedang bermain bersamanya?

 

Jadi, ayah tidak hanya bertugas untuk mencari nafkah demi kesejahteraan keluarganya saja. Ia pun dituntut bisa mengasuh dan mendidik anak-anaknya agar menjadi pribadi yang positif saat dewasa nanti. Ini juga sekaligus membantu para Moms karena Anda dan pasangan merupakan satu tim dalam keluarga. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ayah,   peran ayah








Cover Maret 2020