Mother&Baby Indonesia
Tugas Ayah Baru

Tugas Ayah Baru

Setelah Si Kecil lahir, sebagai seorang ayah baru, Anda bisa menolong istri tercinta dengan melakukan hal-hal kecil tapi penting ini, Dads. Ini beberapa tugas penting yang bisa Anda kerjakan:

 

1. Kabari kerabat dan sahabat berita bahagia mengenai kelahiran Si Kecil. Agar jangan ada yang terlewat, tak ada salahnya siapkan daftar nama yang perlu Anda hubungi sesaat setelah buah hati Anda lahir.



 

2. Jika memungkinkan, abadikan proses persalinan dan simpanlah sebagai kado paling berharga buat istri tercinta dan Si Kecil kelak. Jangan lupa kirim foto Si Kecil yang baru lahir kepada keluarga besar Anda dan istri.

 

3. Mengurus akta kelahiran Si Kecil. Jika pihak rumah sakit tidak memberikan fasilitas pengurusan akta, maka Anda dapat mengurus surat tersebut sendiri di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Cari informasi mengenai cara pengurusannya. Siapkan juga berkas-berkas dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan akta kelahiran tersebut.

 

4. Catat saran dokter setiap kali Anda menemani istri berkonsultasi.



 

5. Tunjukkan kepedulian Anda dengan aktif bertanya mengenai kondisi istri dan Si Kecil serta meminta tips tentang merawat bayi kepada dokter yang merawat mereka.

 

6. Mengurus plasenta atau ari-ari. Beberapa tradisi melakukan ritual atau upacara tertentu untuk menyimpan ari-ari yang mungkin masih Anda ikuti. Diskusikan dengan istri dan anggota keluarga untuk pelaksanaannya.

 

7. Membantu istri Anda, pastinya. Ya, ia membutuhkan Anda, terutama pada hari-hari pertamanya menjadi ibu. Bisa jadi ia sama gamangnya dengan Anda, bahkan mungkin mengalami baby blues. Salah satunya adalah dengan cara mendatangkan ibu mertua, saudara ipar perempuan, dan sahabat-sahabatnya yang sudah pernah melahirkan untuk bisa memberikan dukungan moril pada istri Anda. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: jadi ayah,   ayah baru










Cover April 2020