Mother&Baby Indonesia
Agar Si Kecil Pintar 2 Bahasa

Agar Si Kecil Pintar 2 Bahasa

Sebuah studi di Amerika Serikat mengungkapkan, sejak lahir bayi sudah bisa diajarkan 2 bahasa (bilingual). Pendapat senada juga diungkapkan oleh Barbara Z. Pearson, penulis buku Raising a Bilingual Child. Menurutnya, usia ideal untuk mengajarkan anak bahasa ke-2 adalah usia 0-10 tahun. Namun, sebaiknya di masa 2 tahun pertama perkenalkan 1 bahasa dahulu pada Si Kecil untuk menghindari gangguan bicara-bahasa. Jika setelah usia 2 tahun, anak sudah pandai berbicara bahasa Indonesia dan menguasai cukup kosa kata dalam bahasa Indonesia, Anda bisa mulai mengajarkan bahasa asing padanya. Jika Anda ingin Si Kecil pandai bahasa asing, ikuti tip M&B berikut ini:

 

1. Pilihlah bahasa asing yang paling Anda kuasai untuk diajarkan kepada Si Kecil.



2. Sebisa mungkin, gunakan bahasa asing tersebut saat berkomunikasi dengan Si Kecil. Anda juga bisa membacakan cerita sebelum tidur dalam bahasa asing. Dengan begitu, ia akan terbiasa mendengar dan secara tidak langsung mempelajari struktur bahasa tersebut.



3. Sesekali, putarlah program favorit anak atau film berbahasa asing kesukaannya. Saat ia mendengar kosa kata baru, pelajari dan gunakanlah kata tersebut ketika Anda berbicara kepadanya.

4. Berikan Si Kecil mainan bilingual yang mendidik, seperti kartu-kartu angka, huruf, binatang, makanan, atau lainnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ajarkan anak dua bahasa








Cover Januari - Februari 2020