Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 15 Mei 2018 / Redaksi

Latih Batita Mandi Sendiri

Buat batita, mandi sendiri bukan sekadar urusan membersihkan tubuh, tapi ia juga bisa belajar banyak hal. Selain mengembangkan kemampuan motoriknya, mandi sendiri penting untuk memupuk kepercayaan dirinya, bahwa ia kini adalah sosok yang mandiri, dan mandi sendiri merupakan bukti bahwa ia mampu mengurus dirinya sendiri, Moms.

 

Berikan Si Kecil kepercayaan dengan membiarkannya mandi sendiri, tentunya tetap dengan pendampingan dari Anda. Untuk awal, mungkin akan ada beberapa kekurangan, seperti banyak air yang tumpah saat ia mengangkat gayung atau Anda terkena percikan dari shower. Tapi itu bukan masalah besar, yang penting ia sudah mulai belajar mandi, Moms. Pastikan juga Anda mengajarinya cara mandi yang benar. Anda bisa mulai membimbingnya dengan cara berikut ini:

 

1. Sebelum mulai mandi, katakan padanya, mandi akan membuatnya menjadi anak yang  bersih, wangi, ganteng atau cantik.

2. Ajak dia menyanyi. Lagunya? Ciptakan dengan kata-kata Anda sendiri.

3. Letakkan sabun dan sampo dalam wadah lucu agar anak suka pada kedua hal penting untuk kebersihan tubuhnya itu.

4. Buatlah jadwal tetap mandi untuk anak, misalnya mandi pagi sekitar pukul 7 dan mandi sore pada pukul 17. Jadwal tetap membuat batita terbiasa dengan pola yang teratur sehingga ia merasa nyaman.

5. Bimbing ia untuk mulai mandi. Langkah pertama, biarkan ia mengguyur air sendiri atau menyemprot tubuhnya dengan shower.

6. Kemudian, perhatikan ia mengeramasi rambutnya. Jaga agar busa sampo tidak masuk ke mata.

7. Setelah itu, minta ia mengambil sabun yang sudah Anda letakkan di dekatnya. Lalu biarkan ia menyabuni wajah (pipi, dahi, hidung, leher) kemudian badan, ketiak, kedua tangan, sela-sela jari tangan, belakang telinga, punggung. Bagian punggung biasanya termasuk bagian tubuh yang sulit dijangkau, karena itu Anda boleh membantunya.

8. Setelah itu bersihkan bagian selangkangan dan daerah genital. Untuk bagian genital, katakan agar jangan terlalu keras menggosok.

9. Langkah terakhir barulah membersihkan paha, betis, telapak kaki (termasuk jemari kaki dan sela-sela jemari kaki).

10 Setelah seluruh tubuh disabuni, anak bisa membasuh tubuhnya. Perhatikan jangan sampai ada busa sabun yang tertinggal.

11. Jika perlu, pasang cermin di kamar mandi. Dengan begitu batita bisa melihat bagian tubuhnya yang harus dibersihkan. Bagi Si Kecil, melihat tubuhnya yang penuh busa sabun merupakan pemandangan yang lucu.

12. Sediakan mainan seperti pistol air, bebek karet yang bisa dimainkan sambil ia mandi. Mainan dapat membuatnya bersemangat untuk mandi.

13. Selalu dampingi Si Kecil saat ia mandi. Bagaimana pun ia masih perlu bantuan Anda, tapi Moms tidak perlu membantu semua proses. Awasi juga keamanan di kamar mandi saat batita mandi.

14. Atur waktu mandi agar anak tidak kelamaan main air. Biasanya, anak suka keasyikan jika sudah bermain air. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

share to BBM




OTHER ARTICLES

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan