Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 14 Mei 2018 / Redaksi

Membuat Si Kecil Terkenal, Setuju atau Tidak?

Sebagian Moms punya keinginan untuk membuat anaknya terkenal. Cara yang ditempuh biasanya dengan mengikutsertakan Si Kecil dalam kontes atau ajang pencarian bakat. Saat ini, ada begitu banyak ajang yang dibuat untuk balita menjadi terkenal, baik lewat televisi atau di mal-mal. Dan di era digital ini, Anda juga bisa semakin mudah mengorbitkan Si Kecil. Anda bisa melakukannya lewat media sosial, misalnya dengan cara mengunduh video Si Kecil melakukan sesuatu di YouTube. Jika banyak yang tertarik menonton video tersebut, maka kemungkinan Si Kecil akan dikenal banyak orang.

 

Mekipun banyak terdapat pro dan kontra dengan munculnya berbagai lomba atau kontes buat balita, sebenarnya ada manfaat yang akan diperoleh Si Kecil jika Anda mengikutkannya dalam ajang pencarian bakat seperti ini, yaitu:



- Mengenal kemampuan sekaligus keterbatasan anak.

- Melatih Si Kecil menetapkan tujuan atau target.

- Anak bisa belajar untuk mengatasi kekalahan.

- Mengembangkan kemampuan dan kompetensi Si Kecil.



 

Menurut psikolog anak Imelda Saraswati, M.Psi, mengikutsertakan Si Kecil dalam ajang pencarian bakat, atau mengunduh videonya di YouTube sebenarnya sah-sah saja dilakukan oleh orangtua, selama tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil dan mengasah kemampuan sosialnya. Namun jika orangtua melakukannya sekadar untuk membuat anak terkenal, tentunya itu bukan hal yang baik, apalagi sampai memaksakan Si Kecil. Perlu diketahui, memaksakan kehendak kepada anak justru akan membuat potensinya tidak berkembang. Jadi, seandainya Si Kecil mau mengikuti kompetisi atau lomba, biarkan ia menjalaninya dengan cara yang menyenangkannya, sama seperti saat ia sedang bermain.

 

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri, Moms? Apakah Anda setuju untuk mengorbitkan Si Kecil lewat ajang pencarian bakat atau media sosial? (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

 

 


OTHER ARTICLES

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung

Awas Nyamuk Ganas! Ini 10 Fakta Japanese Encephalitis

Kenapa Area Puting Menghitam saat Hamil? Ini Jawabannya

Ini yang Diperiksa Dokter pada Bayi di Tahun Pertama

Mengenal Urtikaria, Penyakit Biduran pada Anak