Mother&Baby Indonesia
Playdate Buat Si Kecil

Playdate Buat Si Kecil

Steven Asher, Ph.D., psikolog dari Illinois University, AS, mengungkapkan bahwa Kemampuan balita menjalin pertemanan dengan kawan sebayanya dapat memengaruhi prestasi akademisnya. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang ia lakukan pada sekitar 1.200 anak usia prasekolah di sebuah daycare di New York, AS. Hasilnya, anak yang tidak mempunyai teman memiliki prestasi sekolah yang lebih rendah dibandingkan anak yang mempunyai banyak teman.

 

Nah, untuk membantu Si Kecil mendapatkan teman, Moms bisa merancang playdate atau mengundang teman-teman sebayanya untuk bermain bersama. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat merancang playdate, Moms.



 

1. Siapkan beragam mainan yang bisa dimainkan bersama, seperti puzzle, mainan rumah-rumahan, lego, ataupun bola.

2. Jumlah teman playdate tidak perlu terlalu banyak, cukup undang 1 atau 2 anak yang usianya sebaya dengan Si Kecil ke rumah Anda.

3. Usahakan playdate tersebut dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, sekitar 2-3 jam.



4. Dampingi Si Kecil, jangan cepat-cepat langsung meninggalkannya dan berharap ia langsung bisa akrab dengan teman playdate-nya. Anda perlu ada di dekatnya jika sewaktu-waktu Si Kecil dan temannya menemui masalah.

5. Buatlah jadwal pertemuan rutin untuk playdate ini, agar Si Kecil terbiasa.

6. Jika Si Kecil tampak sudah merasa nyaman bergaul, ajaklah ia sesekali berkunjung balik ke rumah temannya.

7. Bila anak sudah terbiasa bermain dengan temannya, Anda bisa menambahkan lebih banyak lagi teman sebayanya untuk playdate bersama-sama. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: playdate anak,   playdate buat anak,   anak playdate