Mother&Baby Indonesia
Pesta Pendidikan 2018

Pesta Pendidikan 2018

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018, pada Selasa 2 Mei kemarin, bertempat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, telah berlangsung “Pesta Pendidikan 2018” yang dipersembahkan oleh Jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG). Selain di Jakarta, Pesta Pendidikan 2018 juga dilaksanakan di 5 kota lainnya, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Ambon. Penyelenggaraan Pesta Pendidikan 2018 berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 

Melalui Pesta Pendidikan 2018 ini, SMSG menegaskan kembali pentingnya keterlibatan seluruh unsur masyarakat untuk mendorong peningkatan pendidikan Indonesia yang lebih baik. Najeela Shihab, Inisiator Jaringan Semua Murid Semua Guru menggarisbawahi 3 persoalan utama pembangunan di bidang pendidikan, yakni akses, kualitas, dan pemerataan. Ia lebih jauh mengatakan, “Harapan akan keluaran pendidikan yang lebih baik di Indonesia hanya dapat terwujud secara efektif dengan mengubah paradigma pendidikan lebih dari sekadar kegiatan bersekolah. Pendidikan merupakan sebuah proses kolaboratif antara anak, orang tua, pendidik dan lingkungan sosialnya – yang terjadi sepanjang hayat.”



 

Sebagai jaringan dan wadah alternatif pertama yang menyatukan keterlibatan banyak aktor pendidikan, SMSG berupaya menggalang emansipasi untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya melalui berbagai kegiatan kreatif dalam bentuk sesi peningkatan kesadaran, dialog, konsultasi, dan kemitraan program yang menyentuh dan melibatkan semua pihak. “Tahun ini terdapat 3 program baru yang sangat efektif melibatkan publik dan berdampak nyata bagi penerima manfaatnya, yaitu 'Kirim Budi', 'Lomba Foto', dan 'Lagu Semua Murid Semua Guru'. Secara konkret, mitra kerja dari latar belakang profesi yang berbeda dapat terlibat alam kegiatan-kegiatan tersebut dan menjadi bagian dari perjuangan pendidikan bersama,” tambah Najeela.

 



 

Dalam kesempatan ini pula, SMSG meluncurkan Lagu Semua Murid Semua Guru untuk gerakan Kirim Budi, hasil kolaborasi bersama relawan pendidikan yang berprofesi sebagai musisi seperti Endah N Rhesa, Tompi, Andien, Tulus, Vidi Aldiano, Glenn Fredly, dan Indra Azis. Lagu menarik yang penuh semangat positif ini diciptakan secara kolektif dan dimaksudkan untuk mengajak lebih banyak pihak guna terlibat dan ikut mendorong perubahan pendidikan nasional menuju arah yang lebih baik lagi. Lagu ini dapat diakses di berbagai platform digital dan video klipnya ditayangkan di kanal Youtube Semua Murid Semua Guru (Susanto Wibowo/Dok. M&B)



Tags: pesta pendidikan,   semua murid semua guru