Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 30 Mei 2018 / Redaksi

Begini Kenalkan Uang Pada Balita

Sebagai orangtua, Anda memiliki tanggung jawab mengajarkan banyak hal positif kepada buah hati. Salah satu yang cukup penting adalah mengenal uang dan bagaimana menggunakannya dengan penuh tanggung jawab. Menurut Dan Fienberg, penasihat manajemen keuangan asal Amerika Serikat, Anda dapat mengenalkan Si Kecil pada konsep finansial sejak dini melalui 2 cara sederhana. Cara pertama adalah dengan memberikan contoh dan cara yang kedua adalah mengajarkan kepada Si Kecil. Berikut beberapa hal yang bisa Anda ajarkan mengenai finansial kepada Si Kecil.

 

Belajar bersabar

Ajarkan Si Kecil bagaimana bereaksi ketika ia tidak mendapatkan apa yang diinginkan saat itu juga. Pelajaran sederhana ini baik untuknya menahan diri dan tidak menjadi impulsif, terutama mengenai uang. Katakan kalau Anda akan memberikannya 1 buah kue, namun Anda akan memberikannya 2 buah kue jika ia mau menunggu selama 1o menit. Lihatlah mana yang akan ia pilih dan cobalah untuk memengaruhi hingga ia mau menunggu untuk kue tambahan. Hal Ini untuk menjelaskan bahwa terkadang ia harus bersabar untuk sesuatu yang diinginkan.

 

Fungsi uang untuk membeli barang

Jelaskan fungsi uang sebagai alat tukar dengan melakukan kegiatan berikut:

- Mengenalkan jenis mata uang, yaitu uang kertas dan uang koin

- Menjelaskan jenis-jenis barang yang bisa dibelidengan uang, seperti es krim, pakaian, dan sepatu.

- Mengenalkan bahwa tak semua barang bisa dibeli dan dinilai dengan uang, seperti kesenangan bermain bersama teman.

 

Menabung

Fungsi lain yang juga bisa dikenalkan adalah fungsi uang sebagai investasi. Berikan pemahaman bahwa ia juga memiliki kebutuhan di masa depan. Beberapa keinginan bisa diwujudkan dengan mengurangi penggunaan uang saat ini, untuk dikumpulkan guna mencapai keinginan itu. Misalnya saat anak ingin memiliki sepeda, tapi tidak punya cukup uang, ajari ia mengumpulkan sedikit demi sedikit dengan menyisihkan sebagian uang yang ia peroleh. Caranya adalah menabung secara rutin. Bagaimana agar Si Kecil gemar menabung? Salah satu caanya adalah dengan memberikannya celengan berbentuk menarik agar ia lebih terpikat untuk menabung.

 

Bekerja untuk mendapatkan uang

Uang diperoleh dengan bekerja. Untuk mengenalkan hal ini, Anda bisa memulai dengan menjelaskan mengenai profesi Anda. Cara lain, Anda bisa mengajak Si Kecil berkeliling kota dan menjelaskan mengenai profesi orang yang ditemui, seperti supir bis atau polisi. Jelaskan juga kepada Si Kecil bahwa beberapa orang memulai pekerjaan atau bisnis mereka sendiri, seperti pemilik rumah makan, toko pakaian, dan mereka disebut pengusaha. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Ketahui 5 Fakta Ini Sebelum Memberi Anak Es Krim

Menjadi Orangtua Baik Untuk Balita Anda

Tips Agar Si Kecil Menjadi Pribadi yang Baik



OTHER ARTICLES

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan