Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 24 Mei 2018 / Redaksi

Menjadi Orangtua Baik Untuk Balita Anda

Menjadi orangtua merupakan sebuah pengalaman yang rasanya seperti naik roller-coaster. Anda akan merasakan momen-momen bahagia, momen saat cemas, dan ada juga kenangan yang tidak akan terlupakan sampai hal-hal yang ingin Anda lupakan.

 

Apa pun yang mungkin bisa terjadi, tanggung jawab Moms dan Dads sebagai orangtua yang baik tidaklah berubah. Faktanya, tidak ada orangtua yang sempurna dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Namun, mereka selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi anak-anak mereka.

 

Lalu, bagaimana caranya menjadi orangtua yang baik? Selain penuh cinta, perhatian, dan sabar, orangtua juga harus memiliki kepekaan, rasa empati, dan waspada. Khususnya saat Si Kecil berusia balita, ini adalah waktunya Anda untuk membentuk kepribadian mereka.

 

Jadi, sangat penting untuk meletakkan fondasi yang kuat, sehat, dan positif bagi anak untuk berkembang menjadi orang dewasa yang kuat. Kiat-kiat berikut ini dapat membantu Anda dalam membesarkan Si Kecil di usia emasnya:

 

1. Habiskan waktu berkualitas. Sediakan waktu seberapa pun lamanya untuk bisa berinteraksi dengan Si Kecil. Anda bisa mengajaknya bermain, membaca cerita bersama, atau hanya sekadar ngobrol hal-hal sederhana. Dengan memberikan waktu, maka akan terbangun ikatan khusus antara Anda dan Si Kecil.

 

2. Bersikap tegas, bukan galak. Memberikan aturan dan mendisiplinkan anak tentunya penting dilakukan. Namun, ketika mereka melanggarnya, Anda tidak perlu memarahinya secara berlebihan. Cukup dengan bersikap tegas dan memberikan peringatan, maka Si Kecil akan mampu mendengarkan Anda. Jadikan memberi hukuman sebagai pilihan untuk disiplinkan anak.

 

3. Tunjukkan rasa empati. Ketika Si Kecil melakukan perilaku buruk di depan Anda, jangan langsung bereaksi. Tataplah matanya dan posisikan diri Anda sebagai seorang balita untuk memahami apa yang terjadi. Lalu, coba sampaikan apa kesalahan yang Si Kecil perbuat dan bagaimana cara memperbaikinya.

 

4. Mendukung anak belajar.Berikan motivasi pada Si Kecil untuk mau mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya. Biarkan mereka mencoba berbagai hal sendiri, dari makan, mandi, juga mencuci tangan. Ini akan mendorongnya juga untuk memiliki perilaku yang baik.(Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

Tips Agar Si Kecil Menjadi Pribadi yang Baik

5 Permainan Membuat Anak Mau Mendengarkan

Anak Juga Bisa Idap OCD, Ini Penjelasannya



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan