Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 16 Mei 2018 / Redaksi

Cara Bayi Bilang I Love You

Kebanyakan orangtua terkejut ketika melihat Si Kecil menunjukkan rasa sayangnya. Apakah bayi memang memiliki kemampuan emosi untuk menunjukkan perasaan mereka? Ya, bayi bisa menunjukkan rasa sayangnya kepada orang di sekitar, terutama kepada orangtuanya. Menurut Lawrence Cohen, Ph.D., penulis buku Playful Parenting, kebanyakan anak membentuk ikatan batin dengan orangtua sejak usia dini. "Hal ini bahkan dimulai sebelum bayi bisa mengungkapkan perasaannya secara verbal," ujarnya. Selama di dalam kandungan, bayi mendengar, merasa, bahkan membaui Anda. Jadi sangatlah wajar jika ia sudah membentuk ikatan emosi dengan Anda. Anda adalah center of the universe bagi Si Kecil. Namun selama beberapa bulan pertama usianya, Si Kecil belum tahu bagaimana cara menyampaikan semua itu secara verbal. Ia cenderung mengungkapkannya lewat bahasa tubuh. Berikut tanda Si Kecil menyayangi Anda:

 

- Menatap mata Anda. Bayi baru lahir senang melihat wajah, dan wajah Anda adalah favoritnya. Tatapan ini merupakan 'kekuatan' bayi yang didesain untuk menarik kasih sayang dan cinta dari orang yang melihatnya. Namun tatapan tersebut juga merupakan tanda awal bahwa Si Kecil menyayangi Anda. Binar matanya menunjukkan bahwa Anda adalah hal terpenting dalam hidupnya.

- Ia mengenali bau Anda. Jika Si Kecil diminta untuk memilih wangi bunga-bungaan atau aroma kaus Anda yang berbau ASI dan keringat, sudah pasti ia akan memilih kaus tersebut. "Bahkan bayi berusia 1 minggu akan memalingkan wajahnya kepada Anda jika ia membaui Anda atau ASI Anda," ujar Lise Eliot, seorang neuroscientist. Bagi Si Kecil, tidak ada yang lebih wangi daripada Anda.

- Tersenyum pada Anda. Sekitar usia 2 bulan, Si Kecil sudah bisa tersenyum. Pada saat ini, ia akan mulai memberikan senyum manisnya kepada Anda. Ini adalah caranya mengatakan "I Love You."

- Berbicara dengan Anda. Gumaman pertama Si Kecil akan ditujukan kepada Anda atau orang lain yang memang dekat dengannya, seperti pengasuh atau nenek. Ia akan menggunakan gumaman ini (yang disebut dengan ptoroconversation) untuk mengungkapkan keterikatan dengan Anda.

- Menginginkan Anda di dekatnya. Saat Si Kecil sudah berusia 6 bulan, Anda akan menyadari kalau ia tak suka jika Anda jauh darinya. Ia mungkin akan tampak sedih atau menangis jika Anda meninggalkan ruangan, dan akan tersenyum ketika melihat Anda kembali. Ini merupakan tanda adanya ikatan antara Si Kecil dan Anda.

- Mengatakan "Mama" dan mencium Anda. Ketika mendekati usia 1 tahun, Si Kecil mulai mengembangkan gumamannya menjadi babbling atau ocehan. Seiring dengan kemampuan ini, Si Kecil mulai bisa menyebut "Mama". Kata ini umum diucapkan Si Kecil ketika pertama kali berbicara. Baginya, kata ini bukan hanya mudah diucapkan, tapi juga merupakan caranya memanggil Anda (Ia tahu karena Anda terus-menerus menyebut diri "Mama" ketika berbicara dengan Si Kecil). Namun tak semua bayi menyebut "Mama" terlebih dulu. Ada yang menyebut "Dada" atau "Papa" untuk sang ayah.

- Menjadikan Anda sebagai pelindung. Jangan terkejut jika Si Kecil menenggelamkan wajahnya di dada Anda ketika ia diajak berbicara oleh orang asing. Fase ini disebut stranger anxiety dan merupakan tahapan yang normal. Dengan cara seolah meminta perlindungan Anda, Si Kecil berarti menyayangi dan memercayai Anda untuk membuatnya tetap aman. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM







OTHER ARTICLES

Ajarkan Sportivitas pada Anak Lewat Asian Games

4 Cara Seru Rayakan Hari Kemerdekaan RI

Suami Jadi Ayah Rumah Tangga, Setuju atau Tidak?

Tips Jalin Hubungan Baik dengan Dokter Kandungan

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita