Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 15 Mei 2018 / Redaksi

Yuk, Ajak Bayi Anda Bernyanyi!

Menyanyi bersama bayi selain menyenangkan juga dapat memberikan banyak manfaat baginya. Berikut di antaranya:

 

- Menguatkan bonding. Saat bernyanyi bersama Anda, bayi akan merasakan adanya hubungan yang kuat dengan Anda. Melalui nyanyian itu pula, ia akan belajar memahami bahwa Anda begitu mencintainya.

- Mengajarkan rutinitas. Bayi tentu merasa lebih nyaman jika mengetahui rutinitas apa sajayang harus ia lakukan setiap harinya. Anda bisa mengajarkan rutinitas tersebut dengan mengajaknya bernyanyi. Coba nyanyikan lagu yang berbeda saat ia bangun tidur, mandi, atau makan.

- Mengasah kemampuan bicara. Melalui nyanyian bayi akan belajar mengenal banyak kosa kata. Selain itu, ia juga dapat belajar berkomunikasi dengan orang lain. Agar lebih menyenangkan, gunakan alat peraga saat mengajak bayi bernyanyi bersama.

- Mengenal diri sendiri. Cara yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri anak adalah dengan mengajarinya mengenal diri sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan menyanyikan sebuah lagu menggunakan namanya. Misalnya, lagu Topi Saya Bundar, gantilah kata saya dengan nama Si Kecil.

- Belajar mendengar. Saat menyanyi untuk bayi, Anda juga telah mengajarinya untuk mendengar dan berempati pada orang lain. Melalui sebuah lagu, ia pun bisa belajar mengekpresikan perasaannya. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM







OTHER ARTICLES

Ajarkan Sportivitas pada Anak Lewat Asian Games

4 Cara Seru Rayakan Hari Kemerdekaan RI

Suami Jadi Ayah Rumah Tangga, Setuju atau Tidak?

Tips Jalin Hubungan Baik dengan Dokter Kandungan

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita