Mother&Baby Indonesia
6 Cara Mudah Melatih Tidur Bayi

6 Cara Mudah Melatih Tidur Bayi

Tak hanya pemberian kasih sayang dan nutrisi berkualitas, agar tumbuh kembangnya optimal, bayi juga butuh tidur. Jika saat lahir bayi tidur tanpa jadwal, lama-kelamaan ia akan tidur seperti orang dewasa. Lalu bagaimana cara melatih Si Kecil agar tidur nyenyak di malam hari? Simak enam cara mudahnya berikut ini:

 

1. Jika bayi mengusap matanya, menarik telinganya, dan di bagian bawah matanya akan menghitam, segeralah taruh ia di tempat tidurnya. Jika Anda terlambat menyadari tanda-tanda Si Kecil mengantuk, ia akan menjadi sangat kelelahan dan menjadi sulit tidur.



2. Saat siang hari bayi terbangun, ajaklah Si Kecil bermain. Biarkan kamar dalam keadaan terang dan jangan kurangi suara-suara rumah (misalnya suara telepon, mesin cuci, atau bel pintu). Di siang hari saat Si Kecil masih tidur sementara sudah jadwalnya ia menyusu, bangunkan! Di malam hari, jangan ajak bayi bermain saat waktu tidur tiba. Redupkan lampu kamar dan kurangi suara-suara. Lama-kelamaan Si Kecil akan menyadari bahwa suasana itu adalah pertanda ia harus tidur.

3. Saat menginjak usia 6-8 bulan, bayi perlu dilatih tidur sendiri. Caranya adalah dengan menaruhnya di ranjang saat ia mengantuk. Jodi Mindell, penulis buku Sleeping Through Night, menganjurkan agar Anda mengurangi menggendong atau menyusui bayi saat mengantuk. “Jika bayi terbiasa digendong sebelum tidur, ia akan terbiasa begitu dan enggan tidur sendiri,” kata Jodi.



4. Biasakan Si Kecil tidur di jam-jam yang sama setiap harinya. Rutinitas tidur ini sebaiknya juga disesuaikan dengan kebiasaan keluarga Moms. Ini untuk menghindari Si Kecil merasa terpaksa tidur sementara anggota keluarga lain masih melakukan banyak kegiatan.

5. Biasakan melakukan ritual menjelang tidur seperti mengelap badan, berganti pakaian, membacakan cerita, atau menyanyikan lagu pengantar tidur.

6. Ajarkan Si Kecil untuk kembali ke posisi tidur jika ia kerap terbangun karena tanpa sadar untuk duduk atau berdiri. Lakukan pelajaran lewat permainan, bangunkan dari posisi tidur, lalu tidurkan lagi. Kemudian, buat ia berani melakukannya sendiri. (M&B/SR/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: melatih bayi tidur,   menidurkan bayi,   bayi mudah tidur










Cover April 2020