Mother&Baby Indonesia
Bayi Gemar Mengisap Jempol

Bayi Gemar Mengisap Jempol

Moms, apakah bayi Anda gemar mengisap jempol? Mungkin awalnya Anda menduga bahwa ia lapar. Namun ketika disusui, ia tidak mau. Tentunya kegemaran Si Kecil mengisap jempol ini cukup membuat Anda bingung. Anda juga mungkin merasa khawatir bila kebiasaan tersebut tidak saja bisa terus berlangsung hingga Si Kecil dewasa, juga karena karena tangan yang tampak bersih, bisa saja mengandung kuman yang berbahaya bagi tubuh bisa membuat Si Kecil sakit.



 

Namun Moms tak perlu cemas. Menurut Dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A, MHA, Mengisap jempol biasanya berlangsung sejak bayi lahir hingga berusia antara 18-24 bulan. Anak yang mengisap jempol akan mendapat kepuasan dengan sensasi pada mulutnya. Selain itu, umumnya mengisap jempol merupakan salah satu cara bayi yang bisa membuatnya tenang dan mengatasi ketidaknyamanannya. Jadi, mengisap jempol merupakan hal yang wajar dan hal ini tidak selalu berkembang menjadi kebiasaan.



 

Seiring dengan bertambahnya umur Si Kecil, kebiasaan ini akan semakin berkurang dan berhenti sama sekali ketika ia berumur 5-6 tahun. Jadi tidak perlu merasa khawatir berlebihan ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   isap jempol,   bayi isap jempol,   anak isap jempol








Cover Januari - Februari 2020