Mother&Baby Indonesia
5 Cara Ajarkan Anak Tidur Sendiri

5 Cara Ajarkan Anak Tidur Sendiri

Untuk membentuk rasa berani dan mandiri pada Si Kecil, orang tua perlu mengajarkannya untuk tidur sendiri. Hal ini tentu menjadi tantangan, terlebih jika sejak bayi orang tua selalu tidur di samping atau berdekatan dengan anak.

 

Namun, ada cara mudah yang bisa Moms lakukan agar Si Kecil berani tidur sendiri. Hal ini akan membangun rasa mandiri sekaligus percaya pada diri Si Kecil meski tanpa ditemani orang tuanya.



 

1. Buat jadwal

Jadwalkan waktu tidur yang sama setiap malamnya agar ia terbiasa tidur di waktu yang sama. Memberlakukan jadwal ini juga membuat Si Kecil menjadi lebih disiplin, baik saat tidur maupun bangun pagi.
 

2. Kegiatan sebelum tidur

Sebuah kegiatan sebelum tidur dapat membuat Si Kecil tahu kapan jam tidurnya berlangsung. Maka, jalankan rutinitas sebelum tidur secara konsisten, misalnya membaca cerita, menyanyikan lagu pengantar tidur. Bisa juga dengan hal sederhana seperti saling memeluk agar ia tahu sudah waktunya tidur.

 

3. Ruangan kamar yang nyaman



Sebelum memutuskan agar anak tidur sendiri, Moms usahakan untuk bisa menyediakan kamar yang nyaman dan sesuai dengan selera Si Kecil. Hal ini akan membuatnya lebih betah berada di kamar untuk tidur di malam atau siang hari. Anda bisa meletakkan Si Kecil ke tempat tidur ketika ia sudah mulai mengantuk, meski ia masih terjaga.

 

4. Stop makan

Jika sudah tiba waktunya tidur, hentikan kebiasaan memberi makan (ASI atau minum susu) pada Si Kecil, karena hal ini dapat membuat anak bingung antara waktu ia makan dan kapan harus tidur.

 

5. Biarkan ia sendirian

Jika Si Kecil tetap tak bisa tertidur, berikan ia waktu untuk menenangkan diri. Anda juga dapat memajukan waktu tidurnya lebih awal agar ia tidak menangis saat dipindahkan. Hal ini akan mempermudahnya untuk tidur pulas seorang diri. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   tidur sendiri








Cover Maret 2020