Mother&Baby Indonesia
4 Tips Merawat Bayi Kembar

4 Tips Merawat Bayi Kembar

Tentu menyenangkan ya Moms jika kita memiliki anak kembar? Karena dengan lahirnya Si Kembar tentu kebahagiaan yang dihadirkan pun akan berlipat ganda.

Meski demikian, merawat anak kembar sepertinya tidak mudah ya Moms. Kita harus merawat dua bayi sekaligus, menghadapi mereka ketika menangis bersamaan, menggantikan popok, dan sebagainya. Namun hal ini bukan berarti tidak bisa kita atasi, Moms. Yuk simak beberapa tips merawat bayi kembar berikut:

  1. Buat Jadwal Rutin



    Agar lebih efisien untuk mengasuh Si Kembar, Moms bisa membuat jadwal rutin. Jadwal ini dibuat agar Moms tidak terlalu tertekan atau stres saat harus mengurus Si Kembar. Karena bagaimanapun Moms perlu waktu istirahat juga. Dengan adanya jadwal rutin ini, Anda pun tetap bisa mengurus Si Kembar tanpa kehilangan waktu untuk diri Anda sendiri.

  2. Memandikan Si Kembar

    Dengan bantuan pasangan, tentu kegiatan memandikan Si Kembar menjadi lebih mudah, setidaknya sampai mereka bisa berdiri sendiri. Tapi Moms bisa mengatasinya dengan menggunakan shower yang dapat dilepas untuk membilas sabun yang ada ditubuh mereka. Dan jangan lupa siapkan baju dan kebutuhan mereka setelah mandi terlebih dahulu agar Moms tidak kerepotan nantinya.



  3. Menyusui Si Kembar

    Moms bisa menyusui Si Kembar diwaktu yang bersamaan misalnya sambil Anda duduk di kursi dan taruh Si Kembar di bounchy chair berikan susu lewat botol. Cara lainnya adalah Anda menyusui langsung yang satu dalam dekapan Anda, dan menyusui satu lainnya yang berbaring di bantal menggunakan botol.

  4. Belanja Kebutuhan Si Kembar

    Karena memiliki anak kembar, tentu kebutuhan pun jadi semakin banyak ya, Moms. Maka buatlah daftar belanja yang komprehensif dengan persediaan ganda agar proses belanja Moms lebih cepat. Jika ada barang yang lupa Anda beli, Moms bisa manfaatkan toko online untuk memudahkan proses belanja Anda. (Vonda Nabilla/MA/ Dok. Freepik)



Tags: twin,   twin baby,   bayi kembar,   anak kembar








Cover Maret 2020