Mother&Baby Indonesia
Batuk Pada Bayi Bisa Jadi Tanda Penyakit Mematikan Ini

Batuk Pada Bayi Bisa Jadi Tanda Penyakit Mematikan Ini

Kondisi batuk, terutama pada Si Kecil sering dianggap penyakit sepele yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun ternyata, batuk pada anak bisa menjadi gejala dari penyakit jantung. Hal ini yang dialami seorang bayi berusia 6 bulan bernama Nevaeh.

 

Bayi ini diketahui mengidap penyakit jantung yang dikenal dengan Dilated Cardiomyapothy. Gejala penyakit ini terlihat saat Nevaeh sedang tidur disamping ibunya, Marian Ennis. Pada 19 Maret lalu, sang bayi mengalami batuk yang tidak seperti biasanya.



 

“Saya dan suami sedang berbaring di tempat tidur, saling memandang dan berkata 'itu adalah batuk yang sangat keras.' Itu benar-benar membuat kami khawatir yang terdengar sedikit aneh,” cerita Marian kepada Fox 4 News.

 

Keesokan paginya, napas Nevaeh tampak lebih berat daripada biasanya. Marian pun membawanya ke dokter anak. Keluarga pun baru mengetahui bahwa Nevaeh mengalami gagal jantung. Saat itu juga, ia di rawat di rumah sakit untuk menjalani perawatan.

 

“Jantungnya berdebar dan tidak berdegup sebagaimana mestinya. Hal ini menyebabkan darah tidak mengalir ke seluruh tubuh dan tubuhnya menjadi sangat sakit akibat itu," jelas dr David Sutcliffe, Dokter Anak Kardiologi Kesehatan Anak.



 

Nevaeh sudah satu bulan ini dirawat di Childrens Medical Center Dallas. Dokter meminta agar bayi ini dipasangkan perangkat Ventricular Assist untuk membantu memompa darah dari jantung ke tubuhnya. Untuk proses penyembuhan, pihak rumah sakit juga sudah memasukkan Nevaeh sebagai daftar penerima transplantasi jantung.

 

Selain batuk, kedua orangtua bayi ini juga mengungkapkan bahwa Si Kecil senang saat kipas angin (di langit-langit) dinyalakan. Hal ini karena Nevaeh merasa kepanasan karena jantungnya bekerja lebih keras dan kipas angin membantu menjaga suhu tubuhnya lebih stabil.

 

Jika dilihat dari cerita ini, gejala yang timbul bisa dikatakan sebagai sebuah penyakit ringan. Namun, tetap membutuhkan perhatian lebih karena mungkin hal ini menjadi sebuah gejala penyakit berat seperti gagal jantung yang dialami Nevaeh. Tetap waspada terhadap kesehatan Si Kecil ya, Moms. (Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)



Tags: berita,   bayi,   batuk,   gagal jantung










Cover Mei-Juni-Juli 2020