Mother&Baby Indonesia
Wow, Bayi Asal Cipari Ini Lahir Jumbo 5,8 Kilogram!

Wow, Bayi Asal Cipari Ini Lahir Jumbo 5,8 Kilogram!

Kasus kelahiran anak dengan berat melebihi 3kg kembali terjadi, bahkan kali ini terjadinya di Indonesia lho, Moms! Seorang bayi asal Cipari yang dilahirkan di Majenang ini memiliki bobot lahir hampir 6kg. Bayi berjenis kelamin perempuan ini lahir di Rumah Sakit Umum Duta Mulya Majenang, Minggu (25/3) malam.

 



 

Anak ketiga dari pasangan Suyati (31) dan Suyatno (38) ini lahir dengan berat 5,8 kg dan panjang 52 cm. Hal ini tentu menggemparkan rumah sakit juga warga yang tinggal di sana. Dokter spesialis yang menangani kelahiran bayi yang belum diberi nama ini menggolongkannya sebagai kelahiran spektakuler.

 

“Dua tahun lalu ada yang 5kg, tapi ini spektakuler 5,8 kg baru sekali ini. Umumnya di Indonesia bayi lahir hanya 3,5 kg,” ujarn dr Tatang Mulyana SPOg, spesialis kandungan sekaligus Komisaris RSU Duta Mulya Majenang kepada Satelitpos.

 

Proses persalinan pun dilakukan secara caesar, karena selain bobot yang ekstra, juga posisinya yang melintang di dalam kandungan. Kondisi sang ibu pun sempat mengalami tekanan darah tinggi atau pre-eklamsia, sehingga operasi caesar menjadi pilihan terbaik.

 



Dengan bobotnya yang ekstra ini, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara intensif dan berkelanjutan untuk mengetahui kondisi pasti dari sang bayi. Hal ini untuk mengurangi risiko adanya penyakit yang diderita bayi tersebut dan membuat kondisinya menjadi tidak baik.

 

Kelahiran bayi ini sendiri besar kemungkinan karena adanya faktor genetik. Pasalnya, anak yang lahir sebelumnya dari pasangan Suyatni dan Suyatno juga memiliki bobot besar, yaitu 4,5kg. Namun, sang ibu mengaku bahwa ia tidak merasakan apapun saat hamil sang anak.

 

Keluarga ini pun sempat kerepotan saat mencari pakaian untuk sang bayi. Karena memiliki tubuh yang besar, sehingga pakaian yang belum pernah dipakaikan kepadanya pun tidak muat. Namun, keluarga yang sudah memiliki dua anak laki-laki, Rido Auri Riansyah (10) dan Alfiano Riansyah (5) ini tetap merasa bahagia atas kelahiran Si Kecil.

 

“Dua anak kemarin saya yang kasih mana, ini perempuan ya nanti istri yang bakal kasih nama,” tambah sang ayah, Suyatno mengenai nama yang akan diberikan pada anak perempuannya ini. (Vonia Lucky/TW/Dok. Satelitpos, Freepik)



Tags: berita,   bayi,   bayi jumbo








Cover Januari - Februari 2020