Mother&Baby Indonesia
Tanya Jawab Seputar Persalinan Normal

Tanya Jawab Seputar Persalinan Normal

Kebanyakan dari Moms yang sedang hamil tentu berharap bisa melahirkan secara normal. Untuk menambah pengetahuan seputar persalinan normal, Moms bisa simak hasil perbincangan Tim M&B bersama dr. Ardiansjah Dara, S.OG, M.Kes saat MB InstaLive beberapa waktu lalu dengan tema “Melahirkan Normal vs Caesar”.

 

T: Jika bayi terlilit tali pusat, apakah bisa melahirkan normal?

J: Kondisi yang ditakutkan jika bayi terlilit tali pusat adalah apabila terjadi di leher bayi. Leher bayi yang terlilit tali pusat mempunyai potensi mengganggu turunnya kepala ketika proses persalinan nanti. Tali pusat yang terlilit di lehernya akan susah terlepas dan dapat membuat partus macet. Kondisi lilitan tali pusat yang terlalu erat atau terpelintir dapat menghentikan aliran darah sehingga membuat bayi tidak bisa bernapas. Namun umumnya, jika leher terlilit tali pusat satu kali tidak selalu harus diakhiri dengan operasi caesar.



 

T: Mata saya minus 4 dan usia kandungan saya 29 minggu. Mungkinkah saya melakukan persalinan normal?

J: Sebelum memutuskan persalinan normal atau caesar, Moms harus periksakan kondisi mata terlebih dahulu ke dokter mata untuk dicek retinanya. Jika kondisi retina masih bagus (tidak retak, tidak tipis) persalinan normal masih mungkin untuk dilakukan, sehingga saat mengejan, risiko retina akan lepas, robek, dan segala macam yang diakibatkan dari tekanan yang meningkat di kepala dan di dalam mata minim terjadi.

 



T: Apakah ibu hamil yang memiliki ambeien bisa melahirkan normal?

J: Sebenarnya ambeien bukan indikasi mutlak untuk operasi caesar. Namun jika wanita hamil dengan ambeien, apalagi ukurannya besar, agak berisiko melakukan persalinan normal. Ambeien akan bertambah besar, dan ada risiko pecah setelah melahirkan dan terjadi robekan. Jika Moms tetap ingin bersalin normal, maka sebisa mungkin jaga kondisi ambeien dengan baik. Konsumsi banyak cairan, makan banyak serat, dan minimalisir makan makanan pedas.

 

T: Mungkinkah ibu hamil dengan penyakit asma bisa melahirkan normal?

J: Selama penyakit asmanya tidak parah, persalinan normal tetap mungkin dilakukan. Periksakan kondisi Moms terlebih dahulu ke dokter paru-paru. Apabila dokter paru-paru menyatakan kategori penyakit asma Moms ringan dan potensi kambuh dari penyakit ini tidak sering, atau bahkan sudah lama tidak kambuh, Moms bisa melahirkan secara normal.

(Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: tanya jawab,   persalinan normal,   birth,   pregnant,   expecting