Mother&Baby Indonesia
4 Tanda Bayi Sudah Kenyang Minum ASI

4 Tanda Bayi Sudah Kenyang Minum ASI

ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi baru lahir hingga usianya 6 bulan. Konselor ASI, dr. HIkmah Kurniasari, MKM, CIMI, dari RS Sari Asih Ciputat, mengatakan bahwa ASI memang sudah menjadi fitrah dari Tuhan untuk bayi. "Bayi dilahirkan sudah sepaket dengan makanannya. Semua kebutuhan Si Bayi sudah ada dalam ASI," tuturnya.

Tak hanya sebagai sumber makanan utama, ASI juga menjadi pencahar yang mampu mengeluarkan zat mekonium dari sistem pencernaannya. Ini adalah salah 1 proses pematangan organ tubuh Si Kecil yang harus dialami.

Namun sebagai ibu baru, mungkin Moms juga bertanya-tanya, kapan Si Kecil merasa kenyang? Nah, berikut beberapa tanda untuk mengenali kecukupan ASI untuk Si Kecil.



1. Jika Si Kecil sudah merasa puas dan benar-benar kenyang, ia akan tidur. Tidurnya pun lebih nyenyak.

2. Setelah menyusu, Si Kecil melepas sendiri puting susu ibu. Meski begitu, ibu bisa menawarkan Si Kecil untuk menyusu pada payudara yang lain. Jika ia masih mau menyusu, biarkan ia menyusu.



3. Lihat pula berapa kali Si Kecil buang air kecil, di luar buang air besar. Biasanya, dalam 24 jam, ia akan buang air kecil minimal 6 kali. Air seninya pun akan berwarna bening.

4. Berat badannya akan meningkat dan pertumbuhannya sesuai dengan usianya. (Risia Rusmawati/GAP/MA/Dok. Freepik)



Tags: asi,   bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020