Mother&Baby Indonesia
5 Cara Atasi Kelelahan Saat Hamil

5 Cara Atasi Kelelahan Saat Hamil

Saat hamil, tak jarang Anda merasakan beberapa masalah. Salah satunya adalah rasa lelah yang lebih mudah dan cepat terasa, dibanding sebelum hamil. Ini adalah hal lumrah, Moms. Hal ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil.

Saat hamil, metabolisme tubuh Anda meningkat. Tingginya metabolisme tubuh mempengaruhi peningkatan hormon progesteron, yang membuat Anda cepat mengantuk dan merasa lelah.

Selain itu, bertambahnya peran dan fungsi organ tubuh menyebabkan penggunaan energi yang lebih banyak. Tubuh yang semakin besar dan berat juga menjadi sebab Anda cepat lelah saat hamil.



Terlepas dari segala perubahan fisik maupun hormon, Anda juga semakin mudah merasa lelah karena saat hamil Anda rentan mengalami stres dan gelisah. Kondisi psikologis ini dapat mengurangi waktu beristirahat serta menguras banyak tenaga Anda.

Agar Anda dapat terus aktif beraktivitas saat hamil, mari simak beberapa tips M&B untuk atasi kelelahan saat hamil.

1. Banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi dan membantu meningkatkan energi

2. Sering berolahraga akan membantu mengurangi rasa lelah karena tubuh melepaskan hormon endorfin



3. Kurangi makanan berkadar gula tinggi yang akan membuat Anda lesu. Ganti camilan Anda dengan buah-buahan segar.

4. Lebih banyak makan makanan yang mengandung serat, protein, dan zat besi. Nutrisi ini akan membantu mengurangi rasa lelah dengan menjaga tubuh (dan perut) Anda tetap merasa kenyang dan berenergi.

5. Mengistirahatkan tubuh dengan tidur sebentar, selama 15 menit atau lebih. Ini membantu menyegarkan kembali tubuh Anda.

 

Jangan lupa coba tips di atas ya, Moms! (Risia Ruswati/GAP/MA/DOk. Freepik)



Tags: mudah lelah,   hamil,   lelah saat hamil










Cover Mei-Juni-Juli 2020