Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 15 April 2018 / Redaksi

Pantau Kesehatan Ibu Hamil Dengan Metode MEWS

Menjalani masa kehamilan berarti Moms harus lebih perhatian pada kesehatan. Karena, bukan hanya untuk diri Anda sendiri tetapi juga bayi dalam kandungan. Sejak dinyatakan hamil, maka Anda punya tanggung jawab untuk selalu mengecek bahwa tubuh Anda bebas dari penyakit.

Ada berbagai cara untuk bisa mendeteksi adanya penyakit di dalam tubuh atau tidak. Salah satunya dengan melakukan Maternity Early Warning Score (MEWS). Metode ini akan memudahkan dokter untuk mengetahui gejala penyakit apapun yang terjadi selama kehamilan sedini mungkin.

MEWS bisa dilakukan agar lebih fokus dalam memantau kesehatan ibu dan janin. Dengan metode ini, diharapkan sang calon ibu dapat mendeteksi penyakit yang bahkan bisa membahayakan dirinya dan janin. Pengobatan pun dilakukan secepatnya tanpa mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

"Penerapan sistem MEWS bisa mendeteksi dini saat tiba-tiba pasien hamil mengalami penurunan kondisi pasien dalam perawatan," jelas Spesialis Kebidanan dan Kandungan Siloam Bangka dr Hendra Susanto, SpOG.

Terdapat tujuh tahap yang harus dilalui padien saat menjalani MEWS. Pemantauan dilakukan dari tingkat kesadaran, pernapasan, saturasi oksigen, suhu, denyut nadi, tekanan darah dan produksi urine. Hasil yang didapat untuk pemeriksaan dengan metode ini adalah 24 jam.

Berbagai penyakit, khususnya yang tergolong berbahaya bisa terdeteksi dengan melakukan MEWS.
Seperti masalah infeksi saluran pernapasan dan diabetes gestasional. Tak hanya itu, gangguan di orang tubuh lain seperti jantung, ginjal, dan paru-paru juga bisa terdeteksi dengan jelas.

Metode ini memang belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Namun pemerintah Republik Irlandia telah mencanangkan metode tersebut agar bisa mengurangi risiko berbahaya pada ibu hamil.

Sudah ada beberapa dokter yang menyarankan agar para ibu hamil melakukan metode ini untuk mencegah kelahiran cacat. Dengan mendeteksi dini, sang ibu bisa selamat saat menjalani proses persalinan dan sang bayi juga tetap sehat.
(Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

7 Artis Cantik Yang Menantikan Persalinan di 2018

6 Jenis Susu yang Aman Dinikmati saat Hamil

Bagaimana Sebaiknya Posisi Tidur Saat Hamil?



OTHER ARTICLES

Teman Aman dan Nyaman Bayi di Perjalanan

Terlalu Bersih Ternyata Tidak Selamanya Baik untuk Bayi

Cara Cerdas Belanja Bulanan

The Great 50 Show

3 Mitos Tentang Wanita dan Uang yang Perlu Moms Ketahui