Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 13 April 2018 / Redaksi

Trik Agar Tubuh Siap Hamil Berdekatan

Baru saja Moms melalui proses persalinan beberapa bulan lalu. Ternyata, Anda hamil lagi! Kabar mengejutkan ini tentunya membahagiakan sekaligus merepotkan dalam satu waktu yang berdekatan. Apalagi, ketika tubuh Anda belum pulih betul pasca melahirkan Si Kecil.

Dua kehamilan yang terlalu dekat atau ‘kesundulan’ ini memang memiliki banyak risiko dan sebaiknya di hindari. Namun, jika sudah terlanjut, Moms tetap bisa melewatinya dan melahirkan anak yang sehat. Anda pun harus kembali menjalani pola hidup seperti seorang ibu hamil. Untuk bisa melakukannya, trik berikut ini bisa dijadikan panduan Moms, nih.

1. Jika Anda masih menyusui, maka sebaiknya segera menghentikannya demi kepentingan janin dalam kandungan. Karenanya, Anda harus mencari susu pengganti untuk Si Kecil yang baru berusia beberapa bulan agar ia tetap bisa tumbuh optimal.


2. Anda harus membatasi aktivitas dengan ketat, misalnya dengan tidak mengangkat barang yang terlalu berat. Terutama, jika Anda baru melahirkan secara caesar atau kehamilan pertama berisiko tinggi seperti pre-eklamsia.


3. Kesehatan menjadi nomor satu. Jadi, biasakan diri untuk tetap tidur cukup dan hindari begadang. Maka untuk perawatan Si Kecil, mintalah bantuan suami, keluarga lain, atau pengasuh khusus yang bisa berjaga di malam hari.


4. Asupan nutrisi juga perlu menjadi perhatian utama. Usahakan untuk selalu konsumsi makanan berserat, kaya akan vitamin dan mineral. Dengan begitu, tubuh tetap kuat dan tidak rentan terkena penyakit ringan seperti flu atau demam.

Hal terpenting adalah jangan membuat situasi ini menjadi sebuah tekanan. Anda dan pasangan harus melihatnya dari sisi positif, seperti kedua anak yang bisa lebih akrab ketika mereka dewasa karena usia yang berdekatan. Jadi, selamat atas kehamilannya ya, Moms. (Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

5 Trik Bila Anda 'Kesundulan'



OTHER ARTICLES

Balita Terjebak di Dalam Mesin Cuci yang Menyala

Pertolongan Pertama Saat Anak Kejang

Tahapan Anak Berlatih Menulis

Gaya Hidup Dapat Atasi Stres

Langkah Tepat Menggali Potensi Anak