Mother&Baby Indonesia
6 Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil

6 Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tidak hanya harus menjaga pikiran agar tetap happy terus, tetapi kesehatan tubuh juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga asupan makanan. Setiap ibu hamil membutuhkan serat, zat besi, dan vitamin lainnya. Hal-hal tesebut bisa Anda dapatkan melalui sayuran, Moms.

 

Sayuran adalah makanan sehat bagi ibu hamil dan janin. Ada banyak macam sayuran yang bisa dinikmati salah satunya adalah bayam. Bayam tidak hanya enak dan sehat, tetapi mudah di dapat di lingkungan sekitar Moms dan harganya cukup murah.



 

Bayam juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil lho, Moms. Seperti dilansir www.mumjunction.com, ini dia 6 manfaat bayam bagi ibu hamil:

 

1. Mencegah Anemia

Ternyata banyak wanita yang menderita anemia saat hamil. Hal ini terjadi karena kurangnya zat besi pada tubuh Anda. Pastikan Anda mengonsumsi bayam, karena bayam mengandung zat besi yang bisa menambah pasokan gizi di tubuh ibu hamil. Tidak hanya itu, asam folat di dalam bayam bisa membantu mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

 

2. Asam folat yang tinggi

Bayam mengandung asam folat yang cukup tinggi, Moms. Asam folat di dalam bayam berfungsi untuk mengurangi risiko bayi terlahir dengan cacat, seperti bibir sumbing dan spina bifida.

 

3. Membantu pertumbuhan paru-paru

Selain asam folat, bayam juga memiliki beta karoten yang banyak. Beta karoten ini bisa diubah menjadi vitamin A, yang dapat membantu pertumbuhan paru-paru janin Anda, Moms. Vitamin A juga dapat membantu meningkatkan metabolisme ibu dan bayi pun bisa memiliki berat badan yang cukup saat lahir.



 

4. Mencegah wasir

Salah satu gangguan yang sering dialami ibu hamil adalah wasir dan sembelit. Konsumsi bayam bisa mencegah Anda mengalami gangguan tersebut. Karena bayam mengandung cukup banyak serat untuk menangani wasir dan sembelit.

 

5. Mengurangi nyeri

Sering merasakan nyeri saat hamil, Moms? Bisa jadi karena meningkatnya berat badan dan perubahan hormon yang berakibat mempengaruhi tulang dan otot, sehingga Anda merasa nyeri. Konsumsilah bayam, karena memiliki kandungan yang sehat, glikolipid, agen anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa nyeri dan sakit saat hamil.

 

6. Membantu menurunkan tekanan darah

Sangat penting menjaga tekanan darah Anda saat hamil, Moms. Tekanan darah tinggi selama kehamilan bisa menjadi masalah serius untuk Anda. Untuk itu pastikan konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur bayam. Karena bayam mengandung nitrat yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

 

Nah bagaimana Moms, siap menjalani proses kehamilan yang sehat? Pastikan Anda makan makanan yang sehat, seperti sayur dan buah-buahan, ya. Semoga dapat membantu, Moms!



Tags: bayam,   ibu hamil








Cover Maret 2020