Mother&Baby Indonesia
Ini dia Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Sesuai Trimesternya

Ini dia Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Sesuai Trimesternya

Agar proses kehamilan Moms maksimal dan pertumbuhan janin optimal, Moms harus memastikan gizi Anda dan janin terpenuhi dengan baik. Karena selain mendukung tumbuh kembang Si Kecil, pemenuhan gizi ini juga akan bermanfaat bagi tubuh Anda. Jumlah maupun jenis gizi yang Moms konsumsi selama hamil sembilan bulan pun tidak selalu sama. Hal ini dikarenakan kebutuhan tubuh Anda dan Si Kecil terus berubah dari waktu ke waktu.

Untuk itu Moms perlu memahami kebutuhan gizi yang harus dipenuhi per trimester, berikut:

  1. Trimester Pertama



    • Masa ini identik dengan masa pembentukan. Janin Anda baru terbentuk pada masa ini. Pertumbuhan ini harus didukung dengan asupan karbohidrat serta kalori yang tepat agar Si Kecil memiliki energi yang cukup untuk tumbuh.

    • Bukan hanya untuk janin, asupan kalori dan karbohidrat juga Moms perlukan pada trimester ini. Selain itu Moms juga membutuhkan lebih banyak kalsium untuk pembentukan tulang Si Kecil, zat besi untuk mencegah Anda dari anemia dan membentuk plasenta yang dibutuhkan oleh Si Kecil sebagai penyalur makanan dari tubuh Moms ke tubuh mungilya.

    • Untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan jaringan otak Si Kecil penuhi asam amino dan asam lemak omega 3. Makanan yang mengandung vitamin A, B Kompleks, dan C juga harus dikonsumsi agar kebugaran tubuh serta perkembangan Si Kecil semakin maksimal.

  2. Trimester Kedua

    • Pada masa ini Si Kecil sedang berkembang pesat. Moms perlu mengonusmsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 serta kolin untuk mendukung perkembangan otaknya.



    • Karena pada masa ini Si Kecil sudah mulai aktif bergerak Moms perlu tambahan karbohidrat untuk menyokong kebutuhan energi Anda dan Si Kecil.

    • Untuk mendukung pertumbuhannya Moms juga membutuhkan banyak protein pada masa ini.

       

  3. Trimester ketiga

    • Pada masa ini otak Si Kecil sudah mulai bekerja. Untuk mendukung perkembangan otaknya penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, kolin serta, yodium.

    • Baik Moms maupun Si Kecil membutuhkan tambahan suplai energi pada masa ini untuk menyongsong persalinan yang sudah di depan mata. (Gabriela Agmassini/ VNS/ MA/ Dok.Freepik)



Tags: gizi,   nutrisi,   nutrition,   pregnant,   pregnancy