Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 6 April 2018 / Redaksi

10 Keluhan yang Sering Dialami Ibu Hamil dan Solusinya

Kehamilan bagi seorang wanita adalah hal yang sangat luar biasa. Tidak hanya senang, rasa haru, deg-degan, takut pun campur jadi satu.

Banyak perubahan yang terjadi, baik fisik dan metal. Seperti perubahan hormon dan kenaikan berat badan. Hal tersebut ternyata bisa jadi menjadi faktor penyebab munculnya keluhan pada ibu hamil. Biasanya keluhan terjadi karena masalah ketidaknyamanan.

Ada 10 keluhan yang biasa dialami ibu hamil. Kenali dan ketahui cara mengatasinya yuk, Moms.



 

1. Mual atau morning sickness

Biasanya mual terjadi pada trimester pertama kehamilan. Kondisi ini yang membuat ibu hamil merasa mual dan mudah muntah, hingga kesulitan makan. Hal ini terjadi karena rendahnya gula darah dan hormon kehamilan yang dapat mengiritasi lambung.

Atasi dengan: Sering makan namun dengan jumlah yang sedikit. Hindari makanan, minuman atau bau yang bisa memicu mual. Simpan juga permen jahe di tas Anda, konsumsi permen tersebut saat merasakan mual.

 

2. Kram

Kram biasa dialami ibu hamil di trimester ke-3. Dirasakan pada paha, betis, atau kaki. Kram disebabkan oleh kadar kalsium yang rendah dalam darah. Selain itu bisa juga terjadi karena kekurangan garam dalam tubuh.

Atasi dengan: Lakukan pijatan di area yang mengalami kram dengan sedikit tekanan. Regangkan telapak kaki ke atas dan tekan di area tumit. Jika kram sering terjadi, pastikan konsultasikan ke dokter Anda ya, Moms.

 

3. Sakit punggung

Keluhan ini sering dirasakan di bagian pungguh bawah, kadang disertai rasa sakit pada bokong dan kaki. Akan timbul ketika Anda terlalu lama berdiri dengan posisi yang salah, atau setelah mengangkat sesuatu yang berat. Terjadi karena jumlah hormon progesteron yang tinggi akan melembutkan ligamen pada tulang panggul dan punggung, hingga memberi tekanan ekstra pada sambungan pinggul dan tulang belakang.

Atasi dengan: Lakukan pemijatan dan latihan memperkuat tulang belakang. Bisa juga menggunakan kasur yang agak keras. Pastikan konsultasi terlebih dahulu ke dokter Anda ya, Moms.

 

4. Sakit kepala

Sakit kepala sering terjadi pada ibu hamil di trimester pertama. Disebabkan oleh berbagai faktor, dehidrasi, stres, otot-otot tegang, fluktuasi hormon, dan meningkatnya aliran darah.

Atasi dengan: Konsumsi bayam yang kaya akan magnesium. Kandungan tersebut dipercaya dapat meringankan sakit kepala yang diderita ibu hamil.

 

5. Konstipasi

Tidak hanya terjadi pada anak-anak, konstipasi bisa terjadi juga pada ibu hamil. Biasanya terjadi di trimester terakhir.

Atasi dengan: Makanan yang kaya akan serat sangat dibutuhkan ketika ibu hamil mengalami kondisi ini. Seperti buah apel yang memiliki banyak serat. Perbanyak juga menu-menu kaya serat lainnya ya, Moms.



 

6. Sulit tidur

Kondisi perut yang semakin besar seingkali membuat ibu hamil kesulitan menyesuaikan posisi tidur, bahkan sampai tidak bisa tidur atau mengalami insomnia. Sampai pada akhirnya beberapa ibu hamil memilih tidur di sofa dan menggunakan berbagai macam bantal untuk menopang perut.

Atasi dengan: Sebaiknya Moms, sebelum tidur hindari minum teh chamomile dan minuman apapun yang mengandung kafein agar Anda bisa tidur pulas. Pastikan juga tidak menatap layar TV atau smartphone.

 

7. Kembung

Hampir 30 persen ibu hamil memgalami masalah perut kembung. Disebabkan oleh hormon progesteron, sehingga sistem pencernaan di tubuh ibu hamil berjalan lambat. Tentu kondisi ini membuat ibu hamil jadi tidak nyaman.

Atasi dengan: Hindari makanan yang memicu produksi gas seperti ubi jalar, kembang kol, kacang-kacangan, dan minuman bersoda.

 

8. Mudah lelah

Mudah lelah adalah salah satu keluhan saat hamil. Terjadi karena perubahan hormon dan proses pembentukan metabolisme membuat beberapa organ tubuh bekerja lebih keras sehingga ibu hamil mudah lelah.

Atasi dengan: Curi waktu tidur siang 15-25 menit, setelah itu minum minuman yang segar sehingga energi Anda terpompa kembali. Makan makanan yang sehat dan bergizi mulai dari makan sayur, buah, hingga daging tanpa lemak.

 

9. Heartburn

Heartburn adalah kondisi dimana ibu hamil merasakan rasa panas di bagian ulu hati atau pada bagian dada. Biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan.

Atasi dengan: Hindari makanan yang pedas, makan porsi sedikit tetapi sering. Mengunyah permen karet tanpa rasa juga membantu Anda mengatasi heartburn.

 

10. Sering buang air kecil

Pada minggu keenam kehamilan, volume cairan di dalam darah Anda sudah meningkat sebanyak separuh dari biasanya. Perubahan hormon merangsang ginjal untuk memproses semua cairan ini.

Atasi dengan: Bukan berarti Anda harus mengurangi asupan cairan untuk mencegah hal ini terjadi, Moms. Pastikan saja Anda mengurangi minuman yang mengandung kafein dan jangan minum minuman yang mengandung alkohol. (Mondials Anindhita/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Perubahan pada Tubuh Ibu Hamil

Ini yang Bikin Emosi Bumil Naik Turun

Cegah Bahaya Fatal Akibat Diare saat Hamil, Ini Tipsnya

OTHER ARTICLES

Dos dan Don’ts untuk Wujudkan Kulit Sehat dan Cantik

Ketahui Alasan di Balik Aksi Tutup Mulut Anak Anda

Benarkah Flash Card Efektif untuk Bantu Anak Belajar?

7 Pensil Alis Brand Lokal untuk Alis Rapi Memesona

Ini 10 Hal yang Tidak Perlu Dilakukan Wanita Hamil