Mother&Baby Indonesia
Keputihan pada Bayi? Ini Penjelasan Dokter Anak

Keputihan pada Bayi? Ini Penjelasan Dokter Anak

Dijawab oleh: dr. Caessar Pronocitro, Sp. A, M.Sc, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

 

Tanya:



Dokter, saya baru saja melahirkan bayi perempuan. Ketika membersihkan area intimnya, saya terkejut karena menemukan semacam lendir putih seperti keputihan. Apakah itu normal? Apa yang harus saya lakukan Dok?

 

Jawab:

Pada bayi perempuan yang baru lahir, memang terkadang ditemui beberapa kondisi yang dapat membuat orangtua was-was. Misalnya, adanya cairan putih, bagian luar vagina yang tampak sedikit membengkak, atau bahkan darah menyerupai menstruasi.

 



Kondisi tersebut sebenarnya wajar, dan disebabkan oleh pengaruh hormon ibu pada organ kewanitaan bayi selama di dalam kandungan. Gejala-gejala tersebut akan menghilang dalam beberapa hari tanpa perlu pengobatan apapun. Area vagina dapat dibersihkan seperti kulit badan bayi lainnya, pada saat mandi dengan air hangat tanpa sabun.

 

Ingat, tidak perlu membersihkan bagian dalam dan usahakan mengusap dari arah depan ke belakang agar area vagina tidak terinfeksi bakteri dari feses.

 

Apabila cairan berbau atau perdarahan terjadi dalam jumlah banyak dan terus menerus, maka sebaiknya bayi diperiksakan ke dokter spesialis anak. (Gabriella A. Pramesvari/DON/TW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   keputihan,   kelamin,   dokter