Home - Balita - Perawatan Balita / 16 April 2018 / Redaksi

4 Cara Atasi Luka Gigitan Binatang

4 Cara Atasi Luka Gigitan Binatang

Luka akibat gigitan binatang sangat mungkin terjadi di lingkungan rumah kita. Akibat gigitan binatang yang paling sering terjadi adalah infeksi kulit dan bahkan bisa menyebabkan infeksi rabies, tergantung dari jenis binatang yang menggigit. Untuk mengatasinya, berikut merupakan langkah tepat yang bisa dilakukan Moms jika menemukan Si kecil terkena gigitan binatang.

 

Periksa Keadaan Luka

Cobalah untuk bersikap tenang dan cari tahu seberapa parah luka yang diderita Si Kecil. Ketahui seberapa parah luka berguna untuk mengetahui langkah apa yang harus Anda lakukan untuk menanganinya.

Bersihkan Luka

Anda boleh menggunakan sabun apa saja, namun sabun antibakteri adalah pilihan terbaik jika tersedia di rumah. Sabun dan air mungkin terasa perih di luka gigitan, namun Anda tetap harus mencucinya hingga bersih. Untuk luka ringan dapat dibersihkan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Berikan antiseptik atau alkohol dan tutup luka dengan kain kasa.

Keluarkan Darah

Pada luka dalam yang disertai pendarahan, bersihkanlah luka dan tekan luka untuk menghentikan pendarahan sambil mencari pertolongan medis. Sementara untuk luka yang terinfeksi, segera cari pertolongan medis.

Pemberian Antibiotik

Jika luka cukup parah, segeralah minta pertolongan medis. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik. Perhatikan tanda-tanda infeksi yang mungkin terjadi. Tanda- tanda itu adalah, luka gigitan dan membengkak, terasa nyeri, berwarna kemerahan, dan bernanah. (Binar MP/MA/Dok. Freepik)

share to BBM




OTHER ARTICLES

6 Tips untuk Kembalikan Energi Anda

Kuis: Apa Jenis Picky Eater yang Dialami Anak Anda?

Waspada! Sering Mencium Bayi bisa Sebabkan Meningitis

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Angelique Widjaja: Tanamkan Kesopanan pada Anak