Mother&Baby Indonesia
5 Penyakit Yang Paling Sering Dialami Balita

5 Penyakit Yang Paling Sering Dialami Balita

Anak-anak di usia balita memang paling mudah terkena penyakit. Meski hanya dianggap sebagai penyakit ringan, tentu tidak boleh diremehkan begitu saja. Moms harus tetap waspada dan memberikan pengobatan yang tepat, tergantung dari penyakit yang diderita Si Kecil.

Untuk itu, Moms perlu mengetahui penyakit apa saja yang paling sering dialami anak usia balita. Maka tidak hanya nutrisi saja yang harus dipenuhi agar tubuh anak kebal penyakit, tetapi juga pengobatan agar Si Kecil bisa lekas sembuh dan beraktivitas kembali.
 

1. Batuk – Pilek



Salah satu penyakit yang paling umum dialami balita adalah batuk dan pilek (influenza). Penyebab yang paling umum karena anak terinfeksi virus. Kondisi ini biasanya disertai demam sedang, juga sering bersin, hidung yang berair, sakit tenggorokan, hingga rasa nyeri di sekujur tubuh.

Sebagai pertolongan pertama, Moms bisa memberikan air putih dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Kemudian, ajak Si Kecil istirahat cukup agar daya tahan tubuhnya kembali baik. Selanjutnya, bawa anak ke dokter untuk mengetahui kondisi penyakit yang memang masih terbilang ringan atau memiliki dampak lebih buruk bagi kesehatan Si Kecil.


2. Diare

Masalah pencernaan juga menjadi penyakit yang cukup sering diderita anak balita, seperti diare. Penyebab umumnya adalah infeksi virus, alergi, atau keracunan makanan. Gejalanya terlihat ketika Si Kecil buang air besar lebih sering dan berbentuk cair.

Moms bisa memberikan oralit serta memberikan minum air putih yang banyak pada Si Kecil untuk menormalkan pencernaannya, sekaligus untuk menggantikan cairan tubuh. Selain itu, perhatikan saat anak bermain agar tidak sembarangan memasukkan benda atau makanan ke dalam mulutnya.


3. Demam



Demam sendiri bukanlah penyakit, namun kondisi ketika tubuh Si Kecil sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi. Jika anak mulai mengalami kenaikan temperatur tubuh, Moms bisa mulai memberikan kompres dengan air hangat untuk menurunkannya.

Selain sebagai gejala pertama suatu penyakit, demam juga bisa terjadi saat Si Kecil sedang mengalami tumbuh gigi atau setelah menerima imunisasi. Ini adalah normal terjadi, kecuali suhu tubuh anak mencapai 38 derajat celcius, Anda harus segera membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


4. Sembelit

Satu lagi penyakit akibat masalah pencernaan adalah sembelit. Kondisi ini membuat Si Kecil menangis karena fesesnya berbentuk padat dan cukup keras. Pemberian air putih yang banyak serta ditambah jus buah segar dapat membantu meringankan penyakit ini. Pastikan juga untuk berkonsultasi ke dokter jika kondisi Si Kecil tak kunjung membaik.


5. Ruam

Saat balita, anak pun masih bisa terkena ruam pada kulit karena tingkat sensitifnya masih tinggi. Biasanya disebabkan faktor seperti kulit kering, lecet, infeksi, atau alergi. Jika anak masih memakai popok, maka harus diganti secara berkala agar bakteri tidak mengenai kulitnya dalam waktu lama.

Untuk di tangan, Moms bisa mengoleskan baby oil atau baby cream agar kulitnya tidak kering, sehingga menghindari ruam yang bisa terjadi pada Si Kecil. (Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)



Tags: balita,   penyakit umum