Mother&Baby Indonesia
Ini Dia Makanan yang Dapat Mencegah Kambuhnya Asma Anak

Ini Dia Makanan yang Dapat Mencegah Kambuhnya Asma Anak

Salah satu penyakit pernapasan yang bisa dialami Si Kecil adalah asma. Jika ia sudah didiagnosis mengalami penyakit satu ini, langkah mudah untuk mencegahnya kambuh adalah dengan mengatur pola makan. Dengan memilih makanan yang tepat, dapat membantu mencegah kambuhnya asma atau sesak napas yang di derita Si Kecil, Moms. Tak percaya? Ikuti tips berikut ini.

 

Pastikan Si Kecil mengonsumsi buah dan sayuran.



Memang belum ada penelitian mengenai buah dan sayuran yang dapat mencegah asma secara langsung. Namun, mengonsumsi sayur dan buah dalam porsi cukup bisa memengaruhi jalur pernapasan Si Kecil.

 

Berikan anak usia satu sampai enam tahun porsi sayur dan buah dalam tiga kali penyajian. Olahannya bisa bervariasi, dalam bentuk sup, dibakar seperti sate, atau sebagai topping pizza.
 

Berikan makanan dengan asam lemak omega-3 pada Si Kecil.

Asam lemak omega-3 bisa ditemukan pada ikan seperti salmon, tuna, dan sarden. Sumber nabati seperti kacang walnut juga memiliki kandungan yang diyakini memiliki manfaat sama. Pemberiannya bisa divariasikan.

 



Misalnya, menggunakan minyak biji kanola sebagai pengganti margarin dan minyak zaitun. Atau bisa dengan menaburkan kacang walnut pada bubur Si Kecil.

 

Hindari lemak trans dan asam lemak omega-6.

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak omega-6 dan lemak trans, dapat memperburuk kondisi asma seseorang. Selain itu, juga bisa memicu penyakit jantung. Kandungan lemak ini didapat dari mentega dan juga makanan olahan atau fast food.

 

Sebagai ganti camilan Si Kecil, berikan cracker beras atau sereal gandum yang ditambahkan buah segar. Sebagai variasi, berikan pasta dengan saus daging olahan sendiri. (Vonia Lucky/DON/TW/Dok. Freepik)



Tags: asma,   kesehatan,   makanan,   anak,   balita,   penyakit,   tips,   mencegah








Cover Januari - Februari 2020