Mother&Baby Indonesia
Ingin Berbisnis Lewat Media Sosial?

Ingin Berbisnis Lewat Media Sosial?

Dunia maya tak hanya digunakan sebagai tempat berbagi, tetapi kini juga dimanfaatkan untuk berbisnis atau mencari peluang usaha. Apalagi “pasar” di dunia media sosial juga sangat menjanjikan karena ada jutaan orang Indonesia yang mengaksesnya.

Sekarang ini, banyak peluang usaha yang bisa dilakukan melalui media sosial yang bisa dijalankan sesuai passion. Anda pun tak harus bekerja mengikuti jam kantor karena bisa dikerjakan dimana saja, terlebih di rumah. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa Anda coba, Moms:

 



  • Jasa Titip Beli

    Saat ini sedang menjamur bisnis jasa titip beli di media sosial, terutama di Instagram. Bisnis ini dikenal pula sengan sebutan personal shopper. Bagi Anda yang suka belanja, peluang satu ini bisa dikatakan menguntungkan loh, Moms.

    Sebab, Anda akan pergi dari satu toko ke toko lainnya untuk membelikan barang yang diinginkan dan akan dikirimkan kepada pemesan. Dalam menjalani bisnis ini, Anda harus memahami cara kerja dan aturan mainnya. Buat akun jasa titip beli semenarik mungkin, kemudian tentukan jenis produk dan target pasarnya.

    Sering-seringlah update berbagai acara yang berkaitan dengan produk yang Anda titip beli, seperti jika ada promo atau diskon. Kejujuran juga tak boleh dilupakan agar pelanggan tetap percaya pada Anda.
     

  • Penulis Lepas/Blogger Profesional

    Anda suka menulis? Jangan sia-siakan hobi dan potensi menulis Anda. Saat ini banyak media digital yang mewadahi para penulis lepas. Anda bisa menjadi kontributor media online atau kontributor lepas di majalah atau koran.

    Anda juga bisa membuat blog dan menjadi seorang blogger profesional. Konsisten menulis dan berbagai informasi yang bermanfaat di blog ternyata bisa mendatangkan uang. Tak hanya pandai membuat tulisan yang menarik, Anda juga harus kreatif, inovatif, memiliki pengetahuan dalam mengelola blog dan memiliki network.
     



  • Social Media Influencer

    Ternyata tak hanya artis, tokoh politik, atau public figure saja yang bisa menjadi seorang influencer. Anda pun bisa menjadi seseorang yang dianggap dapat mempengaruhi orang lain ini. Kini, banyak orang biasa yang mengubah dirinya sebagai social media influencer, seperti selebgram hijab, traveller, foodie blogger, dan lainnya.

    Sebagai seorang influencer, tindakan, pemikiran, ataupun pendapatnya banyak memengaruhi pengikutnya di media sosial. Pengaruh inilah yang menarik perhatian para brand untuk menggandeng mereka sebagai ambassador.

    Dengan menjadi ambassador suatu produk, banyak keuntungan yang didapat seorang influencer. Namun, menjadi seorang yang berpengaruh ini tidaklah mudah. Anda perlu membangun komunitas dan personal branding yang baik, tentunya sesuai dengan passion.
     

  • Social Media Admin

    Media sosial tak hanya digunakanuntuk pribadi, tetapi juga digunakan perusahaan jasa/produk untuk promosi atau memberi informasi produknya. Nah, Moms bisa mengambil kesempatan ini untuk mengelola akun media sosial pemilik brand tersebut sebagai admin.

    Untuk menjadi seorang social media admin, Anda juga harus mengenal berbagai macam media sosial yang digunakan. Berbagai tools untuk mendukung dan mengembangkan akun media sosial juga harus dikuasai. Salah satunya dengan mempelajari sedikit tentang digital marketing.
    (Risia Ruswati/Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)



Tags: karier ibu,   peluang usaha,   bisnis,   medsos,   media sosial










Cover April 2020