Mother&Baby Indonesia
6 Makanan Sehat Sumber Omega 3 Tinggi

6 Makanan Sehat Sumber Omega 3 Tinggi

Salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah dengan mengubah menu makanan. Dengan mengonsumsi makanan, khususnya yang mengandung omega 3, dapat menjaga kesehatan jantung, mata, dan otak. Selain orang dewasa, tentu juga memiliki manfaat lebih untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Kandungan Omega-3 memiliki tiga komponen penting, yaitu ALA (alphalinolenic acid), DHA (decosahexaenoic acid), dan EPA (eicosapentaenoic acid). ALA adalah asam lemak esensial yang penting untuk dikonsumsi dalam pola makan sehari-hari, khususnya yang sedang menjalani program diet.

Meski sangat terbatas, ALA dapat diubah menjadi EPA dan DHA oleh tubuh. Kedua komponen tersebut selain untuk perkembangan otak dan menjaga retina mata, juga menjadi anti-radang alami. Lalu, apa saja makanan dengan sumber omega-3 yang tinggi? Berikut daftarnya:



 

  1. Makanan Laut

    Bahan makanan dari laut menjadi pilihan, terutama ikan salmon yang kaya akan omega-3. Tak hanya itu, ikan makarel, tiram, ikan tenggiri, kerang, ikan sarden, belut, ikan tuna, ikan halibut, dan ikan kod juga memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh.

     

  2. Kacang-kacangan

    Berbagai jenis kacang seperti kedelai, edamame, almond, walnut, pecan, dan hazelnut juga mengandung omega-3. Produk olahan seperti tahu dan tempe tentu juga memiliki kandungan yang sama.

     

  3. Sayuran

    Beragam sayuran, khususnya yang berwarna hijau juga bisa menjadi alternatif makanan dengan sumber omega-3. Sayuran ini seperti kale, brussel sprout, baya, dan rumput laut, yang terbukti mengandung ALA yang cukup baik.

     



  4. Biji-bijian

    Tak hanya dari kacang, omega-3 juga terdapat dalam biji-bijian seperti biji chia dan biji labu. Biji chia sendiri merupakan salah satu makanan indeks glisemik rendah, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah harian secara efektif.

     

  5. Produk Olahan Susu dan Telur

    Sumber omega-3 lainnya juga bisa didapat dari susu dan telur. Baik susu sapi atau susu kedelai, serta produk olahan seperti yogurt dan margarin merupakan bahan makanan yang difortifikasi atau ditambahkan kandungan omega-3 di dalamnya.

     

  6. Minyak Nabati

    Untuk mengubah gaya hidup sehat, Anda juga bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun atau minyak kanola. Minyak flaxseed, minyak walnut dan minyak kedelai juga mengandung omega-3 di dalamnya cukup baik. Namun, jangan sampai terkena suhu yang terlalu panas karena dapat merusak nutrisi di dalamnya.

 

Anda juga bisa mendapatkan asupan omega-3 dari berbagai suplemen agar tetap terpenuhi setiap hari. Meskipun padat dengan kesibukan, Anda dan keluarga tetap bisa hidup dan menjalani kegiatan dengan tetap sehat. (Vonia Lucky/MA/Dok. Shutterstock)



Tags: kesehatan,   makanan sehat,   omega 3








Cover Maret 2020