Mother&Baby Indonesia
Manfaat Si Kuning Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Si Kuning Kunyit Untuk Kesehatan

Salah satu bumbu penyedap rasa makanan, khususnya di Indonesia, adalah kunyit. Bentuknya kecil, namun memiliki aroma dan warna kuning yang kuat. Bumbu satu ini paling umum dipakai untuk menu opor ayam atau ikan pesmol yang nikmat.

 

Nah, selain sebagai penyedap rasa makanan, Moms juga perlu tahu bahwa bumbu ini memiliki manfaat penting untuk kesehatan. Berikut di antaranya:



 

1. Mengatur Insulin

Anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin. Selain itu, ia juga mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah serta trigliserida dalam tubuh. Karena itu kunyit dapat membantu mencegah diabetes tipe-2.

 

2. Mengurangi Lemak

Kurkumin dalam kunyit membantu mengendalikan berat badan. Kurkumin juga berfungsi menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya dalam tubuh. Jadi, cocok untuk Moms yang sedang diet.



 

3. Mencegah Infeksi

Dalam kunyi terdapat sifat anti-virus, anti-bakteri, dan antibiotik. Beragam hal tersebut dapat mencegah infeksi patogen seperti virus Coxsackie B4. Virus ini dapat menyebabkan meningitis aseptica/serosa, pharyngitis febrilis, atau herpangina yang bisa terjadi pada anak-anak.

 

Baca juga 6 Manfaat Sehat Kunyit Putih

 

(Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kunyit,   manfaat










Cover Mei-Juni-Juli 2020