Mother&Baby Indonesia
Kecukupan Gizi dari Kacang Hijau

Kecukupan Gizi dari Kacang Hijau

Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat dan mengandung gizi yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya bermanfaat dikonsumsi oleh orang dewasa, kacang hijau juga baik dikonsumsi oleh anak-anak.

 

Menurut dr. Marya W Haryono, MGizi, SpGK, kacang hijau mengandung zat gizi yang lengkap yaitu karbohidrat terutama karbohidrat kompleks, protein (20-25%), lemak, vitamin (asam folat, B1, dll), juga mineral. Selain itu, kandungan serat dalam kacang hijau juga tinggi, ditambah lagi zat fitokimia dan flavonoid yang memiliki banyak efek baik terhadap kesehatan tubuh manusia.



 

Kandungan karbohidrat dan lemak yang ada pada kacang hijau bermanfaat untuk kebutuhan energi, kandungan protein bermanfaat sebagai zat pembangun sel tubuh, sedangkan vitamin dan mineral mendukung keseluruhan proses metabolisme, fungsi syaraf dan lain-lain.

 

Zat fitokimia dan flavonoid dalam kacang hijau bermanfaat sebagai antioksidan yang dikenal mampu menurunkan risiko kanker, risiko hipertensi, dan diabetes, dan tentunya baik bagi kesehatan kulit.

 

Selain itu fitokimia dan serat yang tinggi dalam kacang hijau akan membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Serat pada kacang hijau juga baik bagi lingkungan usus dan akan bantu menjaga penyerapan gula terjadi bertahap. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh.

 

Kacang hijau juga baik dikonsumsi oleh anak-anak sebagai sumber energinya. Kandungan protein, dan variasi vitamin yang ada pada kacang hijau juga dapat mendukung metabolisme tubuh anak secara keseluruhan. Kandungan seratnya mampu menjaga lingkungan saluran cerna sehingga proses pencernaan dan penyerapan zat gizi berjalan optimal.

 



Agar manfaat kacang hijau dapat dirasakan pada tubuh kita, maka konsumsilah kacang hijau dalam jumlah yang cukup. “Jika kita mengonsumsi 100 g kacang hijau, maka akan memenuhi kebutuhan energi rata-rata orang dewasa sebanyak kurang lebih 20%, dan memenuhi protein kurang lebih 6%, tentunya perlu ditambah dengan variasi bahan makanan lain,”ujar dr. Marya W Haryono, MGizi, SpGK.

 

Pilihan Praktis Konsumsi Kacang Hijau

Di zaman yang serba praktis ini, hadirnya Ultra Sari Kacang Ijo (USKI) bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk mengonsumsi kacang hijau. Minuman ini terbuat dari resep tradisional dengan bahan alami berkualitas, dengan kacang hijau asli, jahe, dan gula merah pilihan. Minuman tanpa tambahan bahan pengawet ini juga memiliki zat-zat gizi yang terjaga kualitasnya karena telah melalui proses UHT dan pengemasan aseptik.

 

Menurut dr. Marya W Haryono, MGizi, SpGK kandungan vitamin B1, B2, B6, dan B12 di dalam kacang hijau baik untuk proses pertumbuhan anak dan sebagai sumber energi alami yang baik bagi tubuh, sehingga dapat menunjang aktivitas fisik maupun berpikirnya. Dengan mengonsumsi 1 kemasan USKI 250 ml yang mengandung 11% kebutuhan karbohidat energinya pun dapat terpenuhi. Dan 1 kemasan USKI 150 ml menyumbang sekitar 6-7% kebutuhan karbohidrat.

 

Selain itu, Dr. Marya menambahkan, kandungan asam folat, vitamin B sangat baik bagi ibu hamil dan menyusui karena dapat berpengaruh baik pada pertumbuhan janin. Vitamin B3 & K, Kalsiumnya juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Minuman ini juga cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat karena tinggi serat, tinggi protein dan kandungan lemaknya sedikit sehingga dapat menjadi alternatif sumber nutrisi yang sehat dan mengenyangkan. (Vonda Nabilla/MA/Dok. Hongqi Zhang ©123RF.com)



Tags: nutrisi,   kacang hijau,   kesehatan










Cover April 2020