Mother&Baby Indonesia
Apa Bedanya Susu UHT dan Susu Formula?

Apa Bedanya Susu UHT dan Susu Formula?

Jenis susu yang beragam dijual di pasaran mungkin membuat Moms menjadi bingung saat harus memilihkan susu yang baik untuk Si Kecil. Diantara banyaknya jenis susu, susu UHT (Ultra High Temperature) dan susu formula menjadi susu yang cukup populer menjadi pilihan keluarga. Namun, apa sebenarnya perbedaan dari dua jenis susu ini?

 

Pada dasarnya manfaat dari nutrisi yang terkandung pada kedua susu tersebut misalnya kalsium, fosfor, vitamin B sama. Namun menurut Gabrielle Angriani, Communications Manager dari Tetra Pak Indonesia yang membedakan kedua susu ini adalah treatment atau pemrosesannya.



 

Dalam pengolahannya, susu UHT dipanaskan dengan suhu lebih dari 135oC dalam waktu 2-4 detik untuk mengeliminasi semua bakteri berbahaya. Proses singkat tersebut memastikan minimnya nilai nutrisi yang hilang dan kesegarannya tetap terjaga. Selain itu kandungan rasa, warna dan nutrisi baik di dalamnya lebih tahan lama dan dapat disimpan selama 9-12 bulan.

 

Sedangkan susu formula dalam prosesnya susu dikeringkan. Pada saat pengeringan vitamin dari susu akan hilang, untuk menggantikannya susu ditambahkan kandungan vitamin-vitamin pengganti atau disebut fortifikasi untuk tetap memenuhi kandungan susu yang seharusnya.



 

Perbedaan lainnya terletak pada kenyamanan saat konsumsi. Susu UHT menyediakan kemudahan konsumsi dimana saja dan tidak memerlukan sejumlah persiapan. Sedangkan susu formula harus menuangkan dosis takaran saji, mencampur dengan air dan mengaduk.

 

Jadi pilih mana Moms, susu UHT atau susu formula? (Vonda Nabilla/ MA/ Dok.Freepik)



Tags: susu,   milk,   susu formula,   susu uht










Cover April 2020