Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 5 April 2018 / Redaksi

5 Manfaat Kacang Merah yang Baik untuk Kesehatan Anda

Protein hadir dalam dua jenis, hewani dan nabati. Salah satu sumber nutrisi berupa protein nabati pun bisa didapat dari kacang-kacangan. Salah satunya adalah kacang merah yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi setiap hari dengan berbagai macam manfaat seperti berikut ini:

 



1. Memelihara Kesehatan Jantung

Kacang merah memiliki kandungan lemak yang rendah. Serat larut dalam kacang merah juga membantu menormalkan tingkat kolesterol. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa kacang merah dapat menjaga kesehatan jantung. Mineral-mineral di dalamnya pun dapat membantu Anda untuk terhindar dari kram otot.


2. Terhindar dari Diabetes

Serat yang terkandung dalam kacang merah dapat memperlambat laju glukosa yang dilepaskan ke aliran darah Anda. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa kacang merah dapat membantu mencegah lonjakan insulin yang menyebabkan diabetes tipe 2 atau diabetes melitus.


Baca juga: Gaya Hidup Ini Berisiko Diabetes


3. Menjaga Berat Badan

Kandungan protein yang tinggi dalam kacang merah dapat membuat yang memakannya menjadi lebih cepat kenyang. Untuk itu, mengonsumsi kacang merah dapat dijadikan sumber makanan untuk menjaga berat badan tetap ideal.




Baca juga: Mau Mudah Turunkan Berat Badan? Lakukan Ini Saja, Moms


4. Mencegah Kanker

Jenis kacang satu ini ternyata memiliki kandungan serat dan antioksidan yang dapat mencegah munculnya kanker dalam tubuh. Khususnya untuk wanita, kacang merah dapat menurunkan risiko kanker payudara menurut hasil studi yang dilakukan Harvard 2016.


5. Baik Untuk Ibu Hamil

Dalam kacang merah, juga terkandung zat besi yang berguna sebagai zat dasar pembentukan hemoglobin. Senyawa ini terkandung dalam darah merah dan berfungsi mengikat oksigen, sehingga  baik untuk pertumbuhan bayi dan plasenta selama kehamilan.

 

Mengonsumsi kacang merah juga dapat meningkatkan jumlah darah merah sekitar 50 persen lho, Moms. Karenanya, penting bagi ibu hamil untuk bisa mengonsumsi kacang merah dalam jumlah yang cukup agar proses kehamilan lancar. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

RS Pondok Indah Group Luncurkan Aplikasi RSPI Mobile

Makan Enak Tapi Tubuh Tetap Sehat? Ini Caranya

Warga Bulgaria Terkenal Panjang Umur, Ini Rahasianya

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho