Home - Keluarga - Berita Selebriti / 30 April 2018 / Redaksi

Parenting Ala Ernest Prakasa dan Meira Anastasia

Setiap orang tua tentu ingin anaknya memiliki tumbuh kembang yang optimal. Sama halnya dengan Ernest Prakasa, seorang komika sekaligus ayah dari dua anak. Bersama dengan sang istri, Meria Anastasia, mereka berdua menerapkan sistem parenting yang unik agar anaknya tidak kecanduan gadget.

 

Ernest mengakui di akun Instagramnya bahwa salah satu tantangan terbesar untuk para orang tua saat ini adalah mencegah anak kecanduan gadget. Perilaku ini dilakukan orang tua sebagai solusi tercepat agar Si Kecil bisa duduk tenang saat Moms dan Dads sedang bekerja dan atau beristirahat.



 

Hal ini tentu akan berdampak pada sikap dan kebiasaan anak saat beranjak dewasa. Menurut Amanda Margia Wiranata,Psikolog Anak & Keluarga, pemberian gadget pada usia balita sangat tidak dianjurkan, karena tubuh mereka belum siap menerima paparan radiasi dari perangkat tersebut.

 

Efek negatifnya pun bisa dialami Si Kecil, mulai dari sulit fokus saat belajar di sekolah maupun di rumah. Selain itu, mereka kurang bisa bergaul dengan teman-teman sebaya. Imajinasi mereka juga menjadi kurang terasah karena terpaku pada layar ponsel, bukan mainan yang melatih motorik juga otak.

 

 

A post shared by Ernest Prakasa (@ernestprakasa) on

Hal ini membuat Ernest melakukan sebuah sistem khusus tentang penggunaan gadget bagi anak-anaknya. Caranya dengan memberlakukan sistem token, dimana 1 token bisa digunakan untuk bermain gadget atau nonton TV selama 15 menit. Token ini bisa dibeli dengan cara main permainan offline seperti balok susun.



 

Sistem ini sudah ia dan istri terapkan selama dua tahun terakhir untuk sang kakak, Sky yang sudah berusia 8 tahun. Namun ternyata, sistem ini sangat sulit untuk diterapkan ke sang adik, Snow yang masih berumur 4 tahun.

 

Sang adik baru ingin bermain jika ditemani kakaknya, dan hal ini cukup efektif saat dilakukan. Namun halangan lainnya, Sky sebagai kakak sering merasa kesal saat bermain dengan Snow. Maka, Ernest dan Meira memberikan bonus token pada Sky jika mau bermain bersama adiknya.

 

Hal ini ternyata menjadi cara lain dalam melatih Sky untuk bersabar. Snow juga bisa terpancing untuk berimajinasi saat bermain dengan kakaknya. Dan sampai saat ini, keluarga Ernest dan Meira yang dikenal dengan ‘Keluarga Prakasa’ masih melakukan sistem tersebut.

 

Sebagai tambahan, Ernest mengatakan bahwa setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mendidik anak mereka. Namun, dengan membagikan sistem parenting yang dilakukannya, mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Moms dan Dads juga. Selamat mencoba dan Happy Parenting(Vonia Lucky/SW/Dok. Instagram @ernestprakasa)

 

 


RELATED ARTICLE

Intan Nuraini Rehat Syuting Untuk Fokus Urus Anak

Kate Middleton Lahirkan Anak Ketiga

Shireen Sungkar - Teuku Wisnu Dikaruniai Anak Ketiga

OTHER ARTICLES

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bayi Kena Heatstroke, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing?

Kembali Bekerja Usai Melahirkan, Lakukan Ini, Moms

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D saat Hamil?