Mother&Baby Indonesia
7 Tips Ampuh Merawat Gigi Anak

7 Tips Ampuh Merawat Gigi Anak

Kebiasaan merawat gigi sehat harus dilakukan sejak sedini mungkin. Meski masih berupa gigi susu, jangan biarkan gigi Si Kecil berlubang ataupun keropos. Merawat gigi susu memang memiliki tantangannya sendiri Moms, karena email pada gigi susu lebih lemah daripada email pada gigi orang dewasa.

 

Tujuh tips di bawah ini akan membantu Moms untuk merawat gigi susu Si kecil, yuk simak!



 

1. Minum Air Putih

Pastikan Si Kecil minum banyak air putih setelah makan. Dengan cukup minum air putih, masalah gigi pun dapat terhindari. Minum air putih itu salah satu cara mengurangi infeksi pada gigi setelah makan.

 

2. Merawat Gusi

Rawat kesehatan gigi sejak dini bahkan sebelum gigi susu tumbuh. Anda dapat membersihkan gusi balita. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusinya perlahan-lahan.

 

3. Rutin Menggosok Gigi

Moms, biasakanlah Si Kecil untuk selalu menyikat gigi mereka setidaknya sebanyak dua kali dalam sehari. Gosoklah gigi setidaknya dalam durasi selama dua menit. Kebiasaan ini bisa dilakukan ketika pagi dalam malam hari sebelum Si Kecil tidur.

 



4. Gunakan Sikat dan Pasta Gigi

Ketika gigi susu mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya. Mulailah menggunakan pasta gigi sedikit saja, kira-kira sebesar butiran beras.

 

5. Dampingi Si Kecil Menggosok Gigi

Selalu dampingi Si kecil saat menggosok gigi, untuk memastikan apakah ia sudah melakukannya dengan benar atau belum. Sebaiknya, Anda yang menyikatkan giginya, sampai ia bisa bisa menyikat gigi sendiri, yaitu sekitar usia enam tahun.

 

6. Jaga Asupan Makannya

Anda bisa mengenalkan Si Kecil dengan makanan sehat sejak dini agar gigi susu dan gigi tetapnya nanti tetap terawat. Hindari makanan yang banyak mengandung gula. Jika ingin memberikan makanan manis, berikan secara bertahap. Latih si Kecil mengunyah dengan baik sehingga ia tidak terbiasa mengemut makanan dalam mulutnya.

 

7. Periksa Gigi Rutin

Anda bisa mulai rutin memeriksakan gigi Si Kecil pada dokter setelah gigi pertama saat ia masih bayi muncul, atau paling lambat saat Si Kecil berusia satu tahun. Risiko Si Kecil untuk mengalami kerusakan gigi akan semakin besar apabila keluarga atau orangtua memiliki riwayat penyakit gigi tertentu. (Binar/MA/Dok. Freepik)



Tags: gigi balita,   merawat gigi balita,   tips merawat gigi,   gigi sehat










Cover Mei-Juni-Juli 2020