Home - Keluarga - Mother / 16 April 2018 / Redaksi

6 Tanda Keluarga Bahagia

Memiliki keluarga bahagia adalah impian bagi setiap pasangan yang berumah tangga, begitu juga dengan Anda kan, Moms dan Dads?

Menurut Psikolog Ajeng Raviando, secara sederhana gambaran dari sebuah keluarga yang bahagia dapat terlihat dari keadaan setiap anggota keluarganya yang memang memperlihatkan aura kebahagiaan ketika sedang bersama-sama. Dan terlihat bagaimana kebahagian itu bukan suatu yang dipaksakan atau dibuat-buat.

Apakah keluarga Anda termasuk keluarga bahagia? Yuk cek 6 tanda berikut ini:

  • Memperlakukan Anggota Keluarga dengan Baik

Keluarga bahagia terlihat dari bagaimana setiap anggota memperlakukan dengan baik dan membuat bahagia satu sama lain. Misalnya ketika orangtua pulang, Si Kecil menyambutnya dengan senang, dan sebaliknya.

  • Komunikasi Lancar

Menurut Rose J. Perkins, EdD, Profesor psikologi Stonehill College di Easton, keluarga bahagia adalah keluarga yang saling berkomunikasi secara terbuka dan fleksibel. Tidak ada komunikasi yang dilakukan melalui perantara seperti Si Kecil menyampaikan sesuatu ke Moms untuk diteruskan ke Dads. Komunikasi yang lancar ini menunjukan adanya rasa saling percaya antara anggota keluarga.

  • Bahasa Tubuh Positif

Saat sebuah keluarga bahagia berkomunikasi akan terlihat, bahasa tubuh yang positif. Misalnya memandang anggota keluarga yang sedang berbicara dan menunjukan perhatian terhada hal yang sedang dibicarakan. Hal ini sebagai tanda kepedulian terhadap anggota keluarga.

  • Saling bertukar cerita

Setiap hari pasti ada saja cerita baru dari aktivitas yang Si Kecil atau Anda. Saling bertukar cerita antar anggota keluarga ini akan menghindari dari rasa jenuh dalam keluarga. Hal ini juga membangun keterikatan dan kedekatan Si Kecil pada keluarga.  

  • Memiliki Selera Humor Sama

Profesor dan ketua psikologi dari Universitas Syracuse, New York, Barbara Fiese, PhD, berpendapat bahwa sebuah lelucon dan julukan yang ada pada sebuah keluarga merupakan simbol kedekatan dalam keluarga. Hal ini juga menunjukan bahwa setiap anggota keluarga adalah bagian dari keluarga tersebut.

  • Memiliki Ritual Tertentu

Ritual yang dilakukan dalam sebuah keluarga tidak hanya yang berkaitan dengan agama. Menurut Barbara, keluarga bahagia memiliki ritual yang bermakna, bukan ritual yang malah membebani anggota keluarga. Ritual tersebut bisa berupa hal unik bahkan hal sederhana sekalipun. Misalnya mendengarkan lagu favorit keluarga, atau menyempatkan makan makanan favorit setiap akhir pekan. Ritual tersebut cenderung membuat anggota keluarga lebih dekat karena mereka melakukannya berulang kali. Keluarga ini juga merasa bahagia saat bersama.

Setiap keluarga memiliki ukuran, pandangan, hal tertentu yang membentuk kebahagiaan keluarga tersebut. Maka perlu diingat Moms, bahwa kebahagian setiap keluarga berbeda. (Vonda Nabilla/ MA/ Dok.Freepik) 









OTHER ARTICLES

4 Tanda Bayi Sudah Kenyang Minum ASI

5 Aplikasi Mudahkan Ibu Hamil

Dukung Minat Anak Dengan 4 Cara Ini

5 Cara Atasi Kelelahan Saat Hamil

4 Terapi Mudah Agar ASI Berlimpah