Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Dukungan Ayah Bagi Ibu Menyusui

Pentingnya Dukungan Ayah Bagi Ibu Menyusui

 

Menyusui memang merupakan tugas seorang ibu, tapi bukan berarti Dads tidak bisa berperan dalam memperlancar proses ibu menyusui Si Kecil.

 



Dalam acara workshop Kode WHO yang diselenggarakan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) pada 21 April 2018 lalu, berdasarkan pengkajian ulang 11 penelitian yang mempelajari peranan ayah dalam pengambilan keputusan untuk menyusui, ditemukan bahwa sekitar 75% dari para ibu melaporkan bahwa faktor ayah sangat penting ketika memutuskan untuk menyusui.

“Jadi sukses atau gagalnya menyusui berdasarkan dari peran ayah. Karena itu, saat edukasi dini Ayah perlu diikutsertakan, agar dapat memberikan dukungan” ujar Farahdibha Tenrilemba, M.Kes, Sekretaris Jenderal AIMI yang ditemui di Komunitas Salihara, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

 



Kebanyakan Dads juga tidak tahu bagaimana cara memberikan dukungan pada istrinya saat masa menyusui. Padahal menurut Dibha, Dads bisa melakukan hal sederhana yang dapat membuat Moms merasa senang. “Misalnya ikut bangun tengah malam ketika Moms bangun untuk menyusui Si Kecil, atau ketika pulang kantor Dads bisa bawakan makanan kesukaan istri, sehingga istrinya jadi senang,” ungkapnya.

 

Jadi bantuan sesederhana tersebut dapat Dads lakukan untuk membantu mengobati rasa letih yang dirasakan para Moms pascamelahirkan.

 

(Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik/Dok.M&B)



Tags: asi,   peran ayah,   ayah asi










Cover Mei-Juni-Juli 2020