Mother&Baby Indonesia
4 Cara Hindari Kecemburuan Kakak Pada Adiknya

4 Cara Hindari Kecemburuan Kakak Pada Adiknya

Memiliki dua anak atau lebih dalam keluarga memang agak merepotkan ya, Moms. Anda dituntun untuk bisa membagi kasih sayang yang seimbang kepada anak-anak, baik Si Kakak atau adiknya. Jika perlakuan dianggap tidak sesuai, maka akan timbul rasa cemburu dari anak-anak Anda.

 

 



Untuk menghindari hal tersebut, ada 4 cara yang bisa Moms lakukan agar anak tidak merasa cemburu atau iri terhadap saudaranya sendiri.

 

 



  • Mengenali watak keduanya. Setiap anak memiliki keunikan masing-masing, begitu juga dengan hal yang mereka sukai. Meski memiliki selera yang sama, namun setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda pun dituntun untuk bisa bersikap adil kepada anak-anak sehingga tidak ada rasa iri antara mereka.

     

  • Meluangkan waktu. Berikan waktu kepada setiap anak untuk melakukan sesuatu yang ia sukai tanpa diganggu saudaranya. Misal, Si Kakak lebih suka bermain ke luar rumah, sementara Si Adik lebih suka menonton film kartun di rumah. Hindari memaksa mereka melakukan hal yang sama demi untuk mempermudah pengawasan Anda.

     

  • Memberikan privasi. Sesekali, biarkan Si Kecil untuk bermain-main dengan mainan favorit tanpa berbagi dengan saudaranya. Hal ini bisa bermanfaat dalam membentuk kepribadian serta membuat Si Kecil merasakan waktu khusus untuk dirinya sendiri.

     

  • Melakukan kegiatan yang melibatkan semua anggota keluarga. Kegiatan ini untuk menjaga keharmonisan dan kasih sayang antara orang tua dan anak-anak. Selain itu, juga bisa sebagai wadah untuk mengenal anggota keluarga satu sama lain. (Rosdiana Setyaningrum/Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   cemburu,   bertengkar








Cover Januari - Februari 2020