Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 12 April 2018 / Redaksi

8 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak

8 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak

Rasa percaya diri Si Kecil memang harus dibangun sejak dini. Karena rasa percaya diri yang ia miliki bukan saja berguna untuk mempertahankan hidupnya, namun juga sebagai modal untuk dirinya untuk terus berkembang.

 

Melansir dari workingmother.com, seorang anak yang percaya diri membutuhkan persepsi yang positif dan realistis tentang kemampuannya. Untuk itu agar Si Kecil semakin percaya diri akan kemampuan yang ia punya, ada beberapa cara yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya, diantaranya:

 

  1. Cintai Si Kecil

    Rasa cinta yang ia dapat dari Moms, Dads, dan keluarganya menjadi fondasi yang kuat untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Si Kecil butuh untuk merasa dicintai dan diterima, dimulai oleh keluarganya, lalu meluas pada teman-teman sekolahnya, dan lingkungan sosialnya.

     

  2. Beri Si Kecil Pujian

    Pujian ini penting diberikan karena Si Kecil mengukur nilai dan prestasinya dari apa yang Anda pikirkan atau katakan. Perlu diingat, pujian yang Moms berikan pada Si Kecil juga harus realistis. Jika ia melakukan kegagalan tetap puji usahanya, bukan hasilnya. Tanamkan pula padanya bahwa ia tidak harus melakukan semua hal dengan sempurna, ada hal yang perlu ia lakukan dengan usaha keras dan latihan secara berulang.

     

  3. Tanamkan rasa kebebasan dan jiwa petualang

    Anak yang percaya diri pasti ingin mencoba segala hal tanpa takut gagal. Sambil terus Moms awasi, buatlah situasi dimana ia dapat melakukan berbagai hal untuk dirinya sendiri dan beri ia ruang untuk melakukan hal tersebut sendiri. Moms juga bisa membawa Si Kecil ke tempat-tempat baru agar ia dapat bereksplorasi dan menghadapi situasi baru.

     

  4. Biarkan Si Kecil Menentukan Pilihannya

    Ketika Si Kecil mendapat kesempatan untuk membuat pilihan sejak dini, ia akan mendapatkan keyakinan dan rasa percaya diri atas penilaiannya sendiri. Maka jangan terlalu mengkontrol pilihannya ya, Moms. Usahakan hanya memberi 2-3 pilihan setiap Anda memberi pilihan pada Si Kecil.

     

  5. Dukung Passion Si Kecil

    Setiap anak memiliki keunggulan dalam dirinya masing-masing, dan apabila ia telah menemukan passion dalam dirinya tentu itu merupakan hal baik. Sebagai orangtua, Moms hanya perlu untuk menghargai dan mendorong minat yang dimiliki Si Kecil. Dan jangan lupa berikan pujian jika ia berhasil mencapai tujuannya.

     

  6. Bantu Si Kecil Membuat tujuan yang Realistis

    Hal ini perlu Moms lakukan untuk menghidari Si Kecil dari rasa kegagalan yang mungkin ia rasakan. Diskusikan dengannya tentang tujuan yang lebih realistis agar Si Kecil lebih mudah mencapai tujuannya tersebut.

     

  7. Buat Peraturan dan Konsisten

    Setiap keluarga memiliki aturan yang berbeda, dan akan berubah seiring pertambahan usia Si Kecil. Dengan belajar dan mengikuti aturan yang ada, Si Kecil akan merasa aman dan percaya diri. Si Kecil memiliki keyakinan terhadap apa yang bisa dan tidak bisa ia lakukan ketika Moms menetapkan aturan dan akan menerapkannya secara konsisten.

     

  8. Tingkat Aktivitas Fisiknya

    Aktivitas fisik yang bisa Si Kecil lakukan adalah olahraga. Olahraga dapat membantu Si Kecil membangun kepercayaan diri. Dimana mereka belajar untuk berlatih, meningkatkan dan mencapai tujuan. Si Kecil juga belajar mengenali kekuatan mereka, menerima atau memperkuat kelemahan mereka, menangani kekalahan, memperluas lingkaran pertemanan dan belajar bekerja tim. (Vonda Nabilla/MA/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Menebak Kepribadian Si Kecil Berdasarkan Jam Lahir



OTHER ARTICLES

6 Tips untuk Kembalikan Energi Anda

Kuis: Apa Jenis Picky Eater yang Dialami Anak Anda?

Waspada! Sering Mencium Bayi bisa Sebabkan Meningitis

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Angelique Widjaja: Tanamkan Kesopanan pada Anak