Mother&Baby Indonesia
4 Cara Mudah untuk Menstimulasi Mental Si Kecil

4 Cara Mudah untuk Menstimulasi Mental Si Kecil

Meskipun baru lahir, dunia Si Kecil lebih berupa yang ia lihat, dengar, dan rasakan, bukan pikirkan. Memberikan pengalaman bagi penglihatan, pendengaran, dan perasa Si Kecil akan membuat otaknya bekerja dan berkembang. Hal ini akan membuat bagian otak yang berperan dalam hal ingatan, pikiran, dan bahasa untuk saling berkaitan dan berkembang. Coba ide berikut ini sebagai stimulasi mental bagi Si Kecil

 

- Bicara dengan Si Kecil sesering mungkin dalam intonasi yang lembut dan meyakinkan. Hal ini akan membantu Si Kecil mengidentifikasi suara Moms dan mengajarkan Si Kecil dasar bahasa. Mungkin terkesan aneh berbicara dengan seseorang yang tidak bisa membalas. Namun, perlu diketahui bahwa Si Kecil belajar untuk mengenal bunyi-bunyian dan suara yang sering ia dengar.



 

- Ceritakan dongeng atau nyanyikan lagu pada Si Kecil. Tindakan ini memiliki efek yang sama dengan berbicara. Di tahap usia ini Si Kecil paling tertarik pada nada dan irama serta dapat menikmati suara musik yang menenangkan.

 



- Tataplah mata Si Kecil dan buat ekspresi wajah sementara Anda bicara dan bernyanyi. Tindakan ini akan membantu Si Kecil mempelajari hubungan antara kata-kata dan perasaan.

 

- Sentuh dan manjakan Si Kecil yang baru lahir dengan rutin. Si Kecil bahkan dapat merasakan sentuhan paling halus sekalipun, sejak ia lahir. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa aman dan terlindungi. Otak bayi baru lahir juga dapat mengetahui kalau ia juga disentuh. Sentuhan akan memicu otak untuk memproduksi zat kimia yang membuat Si Kecil merasa enak. (Donna Asri/Dok. Freepik)



Tags: stimulasi,   anak,   mental,   tips,   psikolog,   pakar,   tumbuh_kembang