Mother&Baby Indonesia
10 Cara Seru Ajarkan Konsep Keuangan pada Anak

10 Cara Seru Ajarkan Konsep Keuangan pada Anak

Konsep keuangan adalah salah satu pelajaran yang tidak boleh terlewatkan untuk diberikan kepada anak. Pendidikan mengenai keuangan sangat penting agar kelak Si Kecil dapat mengelola keuangannya secara mandiri. Dengan pengajaran yang tepat, anak juga akan lebih menghargai uang sehingga tidak memboroskannya. Namun, perlu disadari bahwa konsep keuangan bukanlah hal yang mudah dipahami. Nah Moms, agar proses pengenalannya tidak menyebabkan stres, yuk lakukan dengan cara menyenangkan seperti ini:

 

1. Mengunjungi Bank
Dengan melihat transaksi yang Anda lakukan, ia akan belajar apa arti uang sebenarnya. Cobalah libatkan anak dari hal-hal sederhana, seperti memberikan uang kepada teller. Seiring bertambah besarnya Si Kecil, Anda dapat membukakan rekening khusus untuknya. Melalui rekening tersebut, ia dapat memantau arus pengeluaran dan pemasukan dalam rekeningnya.




2. Ajak Berbelanja
Baik di mall maupun pasar tradisional. Cobalah membeli barang dengan jumlah uang yang sama. Tujuannya agar ia memahami mengenai perbedaan harga. Ia akan tahu bahwa dengan membelanjakan sejumlah uang yang sama besar, belum tentu bisa mendapatkan barang dengan jumlah yang sama. Agar semakin seru, mintalah Si Kecil memilih barang yang hendak dibeli dan memberikan uangnya kepada penjual.


3. Jadikan Bill Asisten
Apa yang dipikirkan Si Kecil ketika Anda berhasil membawa pulang mainan hanya dengan menggesekkan kartu kredit? Mungkin ia menganggap kartu kredit Anda sebagai benda ajaib yang bisa mengabulkan berbagai permintaan. Agar ia mengerti dengan cara kerja kartu ini, ajaklah ia ketika Anda membayar tagihan bulanan. Tunjukkan rincian tagihan dan ingatkan kembali saat Anda melakukan berbagai transaksi tersebut. Jelaskan padanya bahwa Anda hendak membayar hal-hal yang telah dibelanjakan tersebut. Selain pengetahuan tentang arus keuangan, kegiatan ini dapat membuat Si Kecil turut berperan menghemat pengeluaran. Terutama setelah memahami besar biaya yang diperlukan untuk membayarnya.
 

4. Berburu Kupon

Jangan membuang voucher potongan harga yang Anda terima. Sebaiknya biarkan Si Kecil menyimpannya dan gunakan saat diperlukan. Beritahu jumlah uang yang dapat dihemat dengan menggunakan kupon tersebut.


5. Membeli langsung dari petani
Ketika Anda sedang kembali ke kampung halaman, tidak jarang banyak buah atau sayur yang dapat dibeli langsung dari petani. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengajarkan bagaimana seseorang memeroleh uang. Mintalah ia memilih sayuran terbaik dan memberikan uang kepada petani tersebut. Jelaskan bahwa petani tersebut yang menanam sayuran dan menentukan harganya. Dengan menjual sayuran, petani akan memeroleh uang yang dapat digunakan untuk menanam lebih banyak sayuran.
 

6. Mengikuti Kelas

Semakin banyak konsultan yang memberikan kelas keuangan untuk anak dengan cara menyenangkan. Bahkan ada yang menyederhanakan konsep keuangan melalui permainan sederhana, salah satunya Praxis. Si Kecil dihadapkan langsung dengan berbagai pilihan dan kemungkinan, seperti membeli rumah dan memilih profesi.

 

7. Bermain Game

Coba ajak Si Kecil mencoba permainan online yang mengajarkan tentang konsep keuangan. Sebagai permulaan, Anda dapat menemukan permainan ini di website http://moneyandstuff.info/kids/ , https://www.cufatcats.org/ , dan https://www.usmint.gov/ .
 



8. Menetapkan Tujuan

Apakah Si Kecil memimpikan pergi ke Universal Studio? Mulailah mengumpulkan dana bersama dalam sebuah wadah. Si Kecil bisa ikut berkontribusi dengan memasukkan sisa uang jajannya. Melalui cara ini, anak akan merasa bahwa menabung adalah kegiatan yang menyenangkan.

 

9. Berdonasi

Salah satu tujuan dari melek keuangan adalah untuk memahami bahwa beberapa orang memiliki lebih banyak uang dibandingkan yang lain. Dengan kelebihan tersebut, seseorang mampu membantu kekurangan. Bentuk sifat sosial ini dalam diri Si Kecil, seperti dengan berbagi makanan di panti asuhan saat ulang tahunnya atau membelikan makanan untuk hewan di penampungan.

 

10. Menghasilkan uang sendiri

Sekolah pun sering menyelenggarakan bazar dengan melibatkan anak-anak untuk membawa sesuatu untuk dijual, tentu saja didampingi oleh guru. Melalui cara ini, ia akan memiliki gambaran mengenai konsep bisnis dan penghasilan. Agar lebih menyenangkan, ajak Si Kecil berdiskusi mengenai jualannya dan bantu ia menyiapkan dagangannya.

 

Bagaimana Moms, sudah siap mengenalkan konsep uang pada Si Kecil? Semoga tips diatas bisa membantu, ya! (Claudia/Meiskhe/HH/MON/dok.Freepik)

 



Tags: balita,   pelajaran,   uang,   finansial,   keuangan,   harga,   rekening,   bank,   tabungan,   hemat,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020